Langsung ke konten utama

MASA KERASULAN SAMPAI ISLAMNYA UMAR (2)


Ia  minta  waktu  akan  berunding  dengan  ayahnya lebih dulu.
Semalaman itu ia merasa gelisah. Tetapi  besoknya  ia  memberi
tahukan  kepada  suami-isteri  itu,  bahwa  ia  akan mengikuti
mereka berdua, tidak perlu minta pendapat  Abu  Talib.  "Tuhan
menjadikan  saya  tanpa saya perlu berunding dengan Abu Talib.
Apa gunanya saya harus berunding dengan  dia  untuk  menyembah
Allah."
 
Jadi  Ali  adalah  anak  pertama yang menerima Islam. Kemudian
Zaid b. Haritha, bekas budak Nabi. Dengan demikian Islam masih
terbatas   hanya   dalam  lingkungan  keluarga  Muhammad:  dia
sendiri, isterinya, kemenakannya  dan  bekas  budaknya.  Masih
juga  ia  berpikir-pikir, bagaimana akan mengajak kaum Quraisy
itu. Tahu benar ia, betapa kerasnya mereka itu dan betapa pula
kuatnya  mereka  berpegang  pada  berhala yang disembah-sembah
nenek moyang mereka itu.

Pada waktu itu Abu Bakr b. Abi Quhafa dari kabilah Taim adalah
teman akrab Muhammad. Ia senang sekali kepadanya, karena sudah
diketahuinya benar ia sebagai orang  yang  bersih,  jujur  dan
dapat  dipercaya.  Oleh  karena  itu orang dewasa pertama yang
diajaknya  menyembah   Allah   Yang   Esa   dan   meninggalkan
penyembahan  berhala,  adalah  dia. Juga dia laki-laki pertama
tempat dia membukakan isi hatinya  akan  segala  yang  dilihat
serta  wahyu  yang  diterimanya. Abu Bakr tidak ragu-ragu lagi
memenuhi ajakan Muhammad dan beriman pula akan ajakannya  itu.
Jiwa  yang  mana  lagi yang memang mendambakan kebenaran masih
akan ragu-ragu  meninggalkan  penyembahan  berhala  dan  untuk
kemudian  menyembah  Allah  Yang Esa! Jiwa yang mana lagi yang
masih disebut jiwa besar di samping menyembah Allah masih  mau
menyembah  batu  yang  bagaimanapun  bentuknya! Jiwa yang mana
lagi yang  sudah  bersih  masih  akan  ragu-ragu  membersihkan
pakaian  dan  jiwanya,  berderma kepada orang yang membutuhkan
dan berbuat kebaikan kepada anak piatu!
 
Keimanannya  kepada  Allah  dan  kepada  RasulNya  itu  segera
diumumkan  oleh Abu Bakr di kalangan teman-temannya. Ia memang
seorang pria yang rupawan. "Menjadi  kesayangan  masyarakatnya
dan  amikal  sekali.  Dari  kalangan Quraisy ia termasuk orang
Quraisy yang berketurunan tinggi dan  yang  banyak  mengetahui
segala  seluk-beluk  bangsa  itu,  yang  baik  dan yang jahat.
Sebagai pedagang  dan  orang  yang  berakhlak  baik  ia  cukup
terkenal.   Kalangan   masyarakatnya  sendiri  yang  terkemuka
mengenalnya dalam satu bidang saja. Mereka mengenalnya  karena
ilmunya,  karena  perdagangannya  dan karena pergaulannya yang
baik."

Dari kalangan masyarakatnya  yang  dipercayai  oleh  Abu  Bakr
diajaknya mereka kepada Islam. Usman b. 'Affan, Abdurrahman b.
'Auf, Talha b. 'Ubaidillah, Sa'd b.  Abi  Waqqash  dan  Zubair
bin'l-'Awwam   mengikutinya   pula  menganut  Islam.  Kemudian
menyusul pula Abu 'Ubaida bin'l-Djarrah, dan banyak lagi  yang
lain  dari  penduduk  Mekah.  Mereka yang sudah Islam itu lalu
datang  kepada  Nabi  menyatakan  Islamnya,  yang  selanjutnya
menerima ajaran-ajaran agama itu dari Nabi sendiri.
 
Mengetahui  adanya  permusuhan  yang  begitu bengis dari pihak
Quraisy terhadap segala sesuatu yang melanggar paganisma, maka
kaum  Muslimin yang mula-mula masih sembunyi-sembunyi. Apabila
mereka akan  melakukan  salat,  mereka  pergi  ke  celah-celah
gunung  di  Mekah.  Keadaan  serupa  ini  berjalan selama tiga
tahun, sementara Islam tambah meluas juga di kalangan penduduk
Mekah.  Wahyu  yang  datang  kepada  Muhammad selama itu makin
memperkuat iman kaum Muslimin.
 
Yang menambah pula dakwah  itu  berkembang  sebenarnya  karena
teladan  yang  diberikan Muhammad sangat baik sekali: ia penuh
bakti dan penuh kasih-sayang, sangat  rendah  hati  dan  penuh
kejantanan,  tutur-katanya  lemah-lembut  dan  selalu  berlaku
adil; hak setiap orang masing-masing ditunaikan.  Pandangannya
terhadap orang yang Iemah, terhadap piatu, orang yang sengsara
dan miskin adalah pandangan seorang  bapa  yang  penuh  kasih,
lemah-lembut  dan  mesra.  Malam haripun, dalam ia bertahajud,
malam ia tidak cepat tidur,  membaca  wahyu  yang  disampaikan
kepadanya, renungannya selalu tentang langit dan bumi, mencari
pertanda  dari  segenap  wujud   ini,   permohonannya   selalu
dihadapkan  hanya  kepada  Allah.  Dia. yang menyerapkan hidup
semesta ini ke dalam dirinya dan kedalam jantung  kehidupannya
sendiri,  adalah  suatu teladan yang membuat mereka yang sudah
beriman dan menyatakan diri Islam itu,  makin  besar  cintanya
kepada  Islam  dan  makin  kukuh  pula  imannya.  Mereka sudah
berketetapan  hati  meninggalkan  anutan  nenek-moyang  mereka
dengan  menanggung  segala  siksaan  kaum musyrik yang hatinya
belum lagi disentuh iman.
 
Saudagar-saudagar dan kaum bangsawan Mekah yang sudah mengenal
arti kesucian, sudah menyadari arti kebenaran, pengampunan dan
arti rahmat, mereka beriman kepada ajaran Muhammad. Semua kaum
yang  lemah,  semua  orang  yang sengsara dan semua orang yang
tidak punya, beriman kepadanya. Ajaran Muhammad sudah tersebar
di  Mekah, orang sudah berbondong-bondong memasuki Islam, pria
dan wanita.
 
Orang   banyak   bicara   tentang   Muhammad    dan    tentang
ajaran-ajarannya.   Akan  tetapi  penduduk  Mekah  yang  masih
berhati-hati, yang masih tertutup hatinya, pada mulanya  tidak
menghiraukannya.  Mereka  menduga, bahwa kata-katanya tidakkan
lebih dan kata-kata pendeta atau ahli-ahli pikir semacam Quss,
Umayya,  Waraqa dan yang lain. Orang pasti akan kembali kepada
kepercayaan nenek-moyangnya; yang akhirnya akan  menang  ialah
Hubal, Lat dan 'Uzza, begitu juga Isaf dan Na'ila yang dibawai
kurban.  Mereka  lupa  bahwa  iman  yang   murni   tak   dapat
dikalahkan,   dan   bahwa   kebenaran   pasti   akan  mendapat
kemenangan.

Tiga  tahun  kemudian  sesudah  kerasulannya,  perintah  Allah
datang  supaya  ia mengumumkan ajaran yang masih disembunyikan
itu, perintah  Allah  supaya  disampaikan.  Ketika  itu  wahyu
datang:
 
"Dan berilah peringatan kepada keluarga-keluargamu yang dekat.
Limpahkanlah  kasih-sayang  kepada  orang-orang  beriman  yang
mengikut  kau.  Kalaupun  mereka tidak mau juga mengikuti kau,
katakanlah, 'Aku lepas tangan dari  segala  perbuatan  kamu.'"
(Qur'an 26: 214-216)
 
"Sampaikanlah apa yang sudah diperintahkan kepadamu, dan tidak
usah kauhiraukan orang-orang musyrik itu."(Qur'an 15: 94)
 
Muhammadpun  mengundang   makan   keluarga-keluarga   itu   ke
rumahnya,  dicobanya  bicara dengan mereka dan mengajak mereka
kepada  Allah.  Tetapi  Abu  Talib,  pamannya,  lalu  menyetop
pembicaraan  itu.  Ia  mengajak orang-orang pergi meninggalkan
tempat.  Keesokan  harinya  sekali  lagi  Muhammad  mengundang
mereka.
 
Selesai  makan, katanya kepada mereka: "Saya tidak melihat ada
seorang manusia di kalangan Arab ini dapat membawakan  sesuatu
ke  tengah-tengah  mereka  lebih  baik  dari yang saya bawakan
kepada kamu sekalian ini.  Kubawakan  kepada  kamu  dunia  dan
akhirat  yang  terbaik. Tuhan telah menyuruh aku mengajak kamu
sekalian. Siapa di antara kamu ini yang mau mendukungku  dalam
hal ini?"
 
Mereka    semua   menolak,   dan   sudah   bersiap-siap   akan
meninggalkannya. Tetapi tiba-tiba Ali bangkit - ketika itu  ia
masih anak-anak, belum lagi balig.
 
"Rasulullah,  saya  akan  membantumu,"  katanya.  "Saya adalah
lawan siapa saja yang kautentang."
 
Banu   Hasyim   tersenyum,   dan   ada   pula   yang   tertawa
terbahak-bahak.  Mata  mereka  berpindah-pindah dari Abu Talib
kepada anaknya. Kemudian mereka  semua  pergi  meninggalkannya
dengan ejekan.
 
Sesudah  itu  Muhammad  kemudian  mengalihkan  seruannya  dari
keluarga-keluarganya yang dekat kepada seluruh penduduk Mekah.
Suatu  hari  ia naik ke Shafa2 dengan berseru: "Hai masyarakat
Quraisy." Tetapi orang Quraisy itu  lalu  membalas:  "Muhammad
bicara  dari  atas  Shafa."  Mereka lalu datang berduyun-duyun
sambil bertanya-tanya, "Ada apa?"
 
"Bagaimana pendapatmu sekalian kalau kuberitahukan kamu, bahwa
pada  permukaan  bukit  ini  ada  pasukan  berkuda. Percayakah
kamu?"
 
"Ya," jawab mereka. "Engkau tidak  pernah  disangsikan.  Belum
pernah kami melihat engkau berdusta."
 
"Aku mengingatkan kamu sekalian, sebelum menghadapi siksa yang
sungguh berat," katanya, "Banu Abd'l-Muttalib, Banu Abd Manaf,
Banu  Zuhra,  Banu  Taim,  Banu  Makhzum  dan  Banu Asad Allah
memerintahkan     aku      memberi      peringatan      kepada
keluarga-keluargaku  terdekat. Baik untuk kehidupan dunia atau
akhirat. Tak ada sesuatu bahagian atau keuntungan  yang  dapat
kuberikan  kepada  kamu,  selain  kamu  ucapkan: Tak ada tuhan
selain Allah."
 
Atau  seperti  dilaporkan:  Abu  Lahab  -  seorang   laki-laki
berbadan  gemuk dan cepat naik darah - kemudian berdiri sambil
meneriakkan: "Celaka kau hari ini.  Untuk  ini  kau  kumpulkan
kami?"
 
Muhammad  tak  dapat  bicara.  Dilihatnya pamannya itu. Tetapi
kemudian sesudah itu datang wahyu membawa firman Tuhan:
 
"Celakalah kedua tangan Abu Lahab, dan celakalah ia.  Tak  ada
gunanya  kekayaan  dan  usahanya  itu. Api yang menjilat-jilat
akan menggulungnya" (Qur'an 102:1-8)
 
Kemarahan Abu Lahab dan sikap permusuhan kalangan Quraisy yang
lain  tidak  dapat  merintangi  tersebarnya  dakwah  Islam  di
kalangan penduduk Mekah itu. Setiap hari niscaya akan ada saja
orang  yang Islam - menyerahkan diri kepada Allah. Lebih-lebih
mereka yang tidak terpesona oleh  pengaruh  dunia  perdagangan
untuk   sekedar   melepaskan  renungan  akan  apa  yang  telah
diserukan kepada mereka. Mereka sudah  melihat  Muhammad  yang
berkecukupan,  baik dari harta Khadijah atau hartanya sendiri.
Tidak   dipedulikannya   harta   itu,    juga    tidak    akan
memperbanyaknya   lagi.   Ia   mengajak   orang   hidup  dalam
kasih-sayang, dengan lemah-lembut, dalam kemesraan dan tasamuh
(lapang  dada,  toleransi). Ya, bahkan dia yang menerima wahyu
menyebutkan, bahwa memupuk-mupuk kekayaan adalah suatu kutukan
terhadap jiwa.
 
"Kamu  telah  dilalaikan  oleh perlombaan saling memperbanyak.
Sampai nanti kamu menuju kubur. Sekali lagi, jangan! Akan kamu
ketahui  juga  nanti.  Jangan.  Kalau  kamu  mengetahui dengan
meyakinkan. Niscaya akan kamu lihat  neraka.  Kemudian,  tentu
akan  kamu  lihat  itu  dengan  mata yang meyakinkan. Hari itu
kemudian baru kamu  akan  ditanyai  tentang  kesenangan  itu."
(Qur'an 111: 1-3)
 
Apalagi yang lebih baik daripada yang dianjurkan Muhammad itu!
Bukankah ia menganjurkan kebebasan? Kebebasan mutlak yang  tak
ada  batasnya.  Kebebasan  yang  sungguh  bernilai bagi setiap
manusia Arab itu, sama  dengan  nilai  hidupnya  sendiri!  Ya!
Bukankah  orang  mau  melepaskan  diri  dari  belenggu  dengan
pengabdian  yang  bagaimanapun  selain  pengabdiannya   kepada
Allah? Bukankah setiap belenggu itu harus dihancurkan? Tak ada
Hubal, tak ada Lat, 'Uzza. Tak ada api Majusi, matahari  orang
Mesir,  tak  ada  bintang penyembah bintang, tak ada hawariyin
(pengikut-pengikut Isa),  tak  ada  seorang  manusiapun,  atau
malaikat  ataupun  jin  yang  akan  menjadi batas antara Allah
dengan manusia. Di hadapan Allah,  hanya  di  hadapanNya  Yang
Tunggal     tak     bersekutu,     manusia    akan    dimintai
pertanggung-jawabannya atas perbuatannya yang telah dilakukan,
yang  baik dan yang buruk. Hanya perbuatan manusia itu sajalah
yang menjadi perantaranya. Hati kecilnya yang  akan  menimbang
semua  perbuatan.  Hanya  itulah  yang  berkuasa atas dirinya.
Dengan itulah dipertanggungkan  ketika  setiap  jiwa  mendapat
balasan  sesuai  dengan perbuatannya. Kebebasan mana lagi yang
lebih luas daripada yang diajarkan Muhammad  itu?  Adakah  Abu
Lahab  dan  kawan-kawannya  mengajarkan  yang  semacam  itu  -
sedikit sekalipun? Ataukah mereka mengajarkan  supaya  manusia
tetap dalam perhambaan, dalam perbudakan, yang sudah ditimbuni
oleh kepercayaan-kepercayaan khurafat dan takhayul, yang sudah
menutupi mereka dari segala cahaya kebenaran?

Akan  tetapi  Abu  Lahab,  Abu  Sufyan dan bangsawan-bangsawan
Quraisy  terkemuka  lainnya,  hartawan-hartawan   yang   gemar
bersenang-senang,  mulai  merasakan, bahwa ajaran Muhammad itu
merupakan  bahaya  besar  bagi  kedudukan  mereka.  Jadi  yang
mula-mula  harus mereka lakukan ialah menyerangnya dengan cara
mendiskreditkannya,   dan   mendustakan   segala   apa    yang
dinamakannya kenabian itu.
 
Langkah  pertama  yang  mereka  lakukan  dalam  hal  ini ialah
membujuk penyair-penyair mereka: Abu Sufyan bin'l-Harith, 'Amr
bin'l-'Ash  dan  Abdullah  ibn'z-Ziba'ra,  supaya mengejek dan
menyerangnya. Dalam pada  itu  penyair-penyair  Muslimin  juga
tampil  membalas  serangan  mereka tanpa Muhammad sendiri yang
harus melayani.
 
Sementara  itu,  selain  penyair-penyair  itu  beberapa  orang
tampil pula meminta kepada Muhammad beberapa mujizat yang akan
dapat membuktikan kerasulannya: mujizat-mujizat  seperti  pada
Musa  dan  Isa.  Kenapa  bukit-bukit Shafa dan Marwa itu tidak
disulapnya menjadi emas, dan  kitab  yang  dibicarakannya  itu
dalam  bentuk  tertulis  diturunkan  dari  langit?  Dan kenapa
Jibril yang banyak dibicarakan oleh Muhammad itu tidak  muncul
di  hadapan  mereka? Kenapa dia tidak menghidupkan orang-orang
yang sudah mati, menghalau bukit-bukit yang selama ini membuat
Mekah  terkurung  karenanya?  Kenapa ia tidak memancarkan mata
air yang lebih sedap dari air sumur Zamzam,  padahal  ia  tahu
betapa besar hajat penduduk negerinya itu akan air?
 
Tidak   hanya  sampai  disitu  saja  kaum  musyrikin  itu  mau
mengejeknya dalam soal-soal  mujizat,  malahan  ejekan  mereka
makin  menjadi-jadi,  dengan  menanyakan:  kenapa Tuhannya itu
tidak memberikan wahyu tentang  harga  barang-barang  dagangan
supaya mereka dapat mengadakan spekulasi buat hari depan?
 
Debat  mereka  itu  berkepanjangan.  Tetapi  wahyu yang datang
kepada Muhammad menjawab debat mereka
 
"Katakanlah: 'Aku tak berkuasa membawa kebaikan  atau  menolak
bahaya  untuk  diriku  sendiri,  kalau  tidak  dengan kehendak
Allah. Dan sekiranya aku mengetahui  yang  gaib-gaib,  niscaya
kuperbanyak amal kebaikan itu dan bahayapun tidak menyentuhku.
Tapi aku hanya memberi peringatan dan membawa  berita  gembira
bagi mereka yang beriman." (Qur'an 7: 188)
 
Ya,  Muhammad  hanya  mengingatkan dan membawa berita gembira.
Bagaimana mereka akan  menuntutnya  dengan  hal-hal  yang  tak
masuk  akal. Sedang dia tidak mengharapkan dari mereka kecuali
yang masuk akal, bahkan yang diminta dan diharuskan oleh akal?
!   Bagaimana   mereka   menuntutnya   dengan   hal-hal   yang
bertentangan dengan  kodrat  jiwa  yang  tinggi  padahal  yang
diharapkannya  dari mereka agar mereka mau menerima suara yang
sesuai dengan kodrat jiwa yang  tinggi  itu?!  Bagaimana  pula
mereka  masih  menuntutnya  dengan  beberapa  mujizat, padahal
kitab yang diwahyukan kepadanya itu dan yang menunjukkan jalan
yang  benar  itu  adalah  mujizat  dari segala mujizat? Kenapa
mereka masih menuntut supaya kerasulannya itu  diperkuat  lagi
dengan keanehan-keanehan yang tak masuk akal, yang sesudah itu
nanti merekapun  akan  ragu-ragu  lagi,  akan  mengikutinyakah
mereka atau tidak?
 
Dan  ini,  yang  mereka  katakan tuhan-tuhan mereka itu, tidak
lebih  adalah  batu-batu  atau   kayu   yang   disangga   atau
berhala-berhala yang tegak di tengah-tengah padang pasir, yang
tidak  dapat  membawa   kebaikan   ataupun   menolak   bahaya.
Sungguhpun  begitu  mereka  menyembahnya  juga, tanpa menuntut
pembuktian sifat-sifat ketuhanannya.  Dan  kalaupun  itu  yang
dituntut,  pasti  ia  akan  tetap batu atau kayu, tanpa hidup,
tanpa gerak; untuk dirinyapun ia tak dapat menolak bahaya atau
membawa  kebaikan.  Dan  jika ada yang datang menghancurkannya
iapun takkan dapat mempertahankan diri.

Muhammadpun  sudah  terang-terangan  menyebut  berhala-berhala
mereka,  yang  sebelum  itu  tidak pernah disebut-sebutnya. Ia
mencelanya, yang  juga  sebelum  itu  tidak  pernah  dilakukan
demikian.   Hal  ini  menjadi  soal  besar  bagi  Quraisy  dan
dirasakan menusuk hati mereka. Tentang  laki-laki  itu,  serta
apa yang dihadapinya dari mereka dan dihadapi mereka dari dia,
sekarang  mulai  sungguh-sungguh  menjadi  perhatian   mereka.
Sampai   sebegitu   jauh   mereka   baru   sampai   memperolok
kata-katanya. Apabila mereka duduk-duduk di Dar'n Nadwa,3 atau
disekitar  Ka'bah  dengan berhala-berhala yang ada, membuallah
mereka dengan sikap tidak lebih  dari  senyuman  mengejek  dan
berolok-olok.  Akan  tetapi,  jika  yang dihina dan diejek itu
sekarang dewa-dewa mereka  yang  mereka  sembah  dan  disembah
nenek-moyang  mereka,  termasuk  Hubal,  Lat,  'Uzza dan semua
berhala, maka tidak lagi soalnya soal olok-olok dan  cemoohan,
melainkan sudah menjadi soal yang serius dan menentukan. Atau,
andaikata orang itu  sampai  dapat  menghasut  penduduk  Mekah
melawan  mereka dan meninggalkan berhala-berhala mereka, hasil
apa yang akan diperolehnya dari  perdagangan  Mekah  itu?  Dan
bagaimana pula kedudukan mereka dalam arti agama?
 
Abu  Talib pamannya belum lagi menganut Islam. Tetapi tetap ia
sebagai pelindung  dan  penjaga  kemenakannya  itu.  Ia  sudah
menyatakan   kesediaannya  akan  membelanya.  Atas  dasar  itu
pemuka-pemuka bangsawan Quraisy - dengan  diketahui  oleh  Abu
Sufyan b. Harb - pergi menemui Abu Talib.
 
"Abu  Talib,"  kata  mereka,  "kemenakanmu  itu  sudah  memaki
berhala-berhala kita, mencela  agama  kita,  tidak  menghargai
harapan-harapan  kita  dan menganggap sesat nenek-moyang kita.
Soalnya sekarang, harus kauhentikan dia; kalau  tidak  biarlah
kami  sendiri yang akan menghadapinya. Oleh karena engkau juga
seperti kami tidak sejalan, maka cukuplah  engkau  dari  pihak
kami menghadapi dia."
 
Akan  tetapi  Abu  Talib  menjawab  mereka dengan baik sekali.
Sementara itu Muhammad  juga  tetap  gigih  menjalankan  tugas
dakwahnya dan dakwa itupun mendapat pengikut bertambah banyak.
 
Quraisy segera berkomplot menghadapi Muhammad itu. Sekali lagi
mereka pergi menemui Abu Talib.  Sekali  ini  disertai  'Umara
bin'l-Walid  bin'l-Mughira,  seorang  pemuda  yang  montok dan
rupawan, yang akan diberikan kepadanya  sebagai  anak  angkat,
dan sebagai gantinya supaya Muhammad diserahkan kepada mereka.
Tetapi inipun ditolak.  Muhammad  terus  juga  berdakwah,  dan
Quraisypun terus juga berkomplot.
 
Untuk ketiga kalinya mereka mendatangi lagi Abu Talib.
 
"Abu   Talib'"   kata   mereka,  "Engkau  sebagai  orang  yang
terhormat, terpandang  di  kalangan  kami.  Kami  telah  minta
supaya   menghentikan   kemenakanmu   itu,   tapi  tidak  juga
kaulakukan. Kami tidak akan tinggal diam terhadap  orang  yang
memaki  nenek-moyang  kita,  tidak  menghargai harapan-harapan
kita dan mencela berhala-berhala kita - sebelum  kausuruh  dia
diam  atau  sama-sama  kita  lawan dia hingga salah satu pihak
nanti binasa."
 
Berat sekali bagi Abu  Talib  akan  berpisah  atau  bermusuhan
dengan masyarakatnya. Juga tak sampai hati ia menyerahkan atau
membuat kemenakannya  itu  kecewa.  Gerangan  apa  yang  harus
dilakukannya?
 
Dimintanya  Muhammad  datang  dan diceritakannya maksud seruan
Quraisy. Lalu  katanya:  "Jagalah  aku,  begitu  juga  dirimu.
Jangan aku dibebani hal-hal yang tak dapat kupikul."
 
Muhammad  menekur  sejenak,  menekur  berhadapan dengan sebuah
sejarah alam wujud ini, sejarah yang sedang tertegun tak  tahu
hendak  ke  mana  tujuannya.  Dalam  kata-kata  yang  kemudian
menguntai dari bibir laki-laki itu adalah suatu keputusan bagi
dunia:  adakah dunia ini akan dalam kesesatan selalu dan terus
dijerumuskan, lalu datang Majusi menekan  Kristen  yang  sudah
gagal   dan   kacau,  dan  dengan  demikian  paganisma  dengan
kebatilannya itu akan mengangkat kepala yang sudah  rapuk  dan
busuk?  Atau  ia  harus memancarkan terus sinar kebenaran itu,
memproklamirkan kata-kata Tauhid, membebaskan pikiran  manusia
dari belenggu perbudakan, membebaskannya dari rantai ilusi dan
mengangkatnya kemartabat  yang  lebih  tinggi,  sehingga  jiwa
manusia itu dapat mencapai hubungan dengan Zat Maha Tinggi?

Pamannya,  ini  pamannya seolah sudah tak berdaya lagi membela
dan   memeliharanya.   Ia   sudah   mau    meninggalkan    dan
melepaskannya.  Sedang  kaum  Muslimin masih lemah, mereka tak
berdaya akan berperang, tidak  dapat  mereka  melawan  Quraisy
yang  punya kekuasaan, punya harta, punya persiapan dan jumlah
rmanusia. Sebaliknya dia tidak punya apa-apa selain kebenaran.
Dan  atas nama kebenaran sebagai pembelanya ia mengajak orang.
Tak punya apa-apa  ia  selain  imannya  kepada  kebenaran  itu
sebagai  perlengkapan.  Terserahlah apa jadinya! Hari kemudian
itu  baginya  lebih  baik  daripada  yang  sekarang.  Ia  akan
meneruskan   misinya,   akan   mengajak   orang  seperti  yang
diperintahkan Tuhan kepadanya. Lebih baik mati ia membawa iman
kebenaran  yang  telah  diwahyukan kepadanya daripada menyerah
atau ragu-ragu.
 
Karena itu, dengan jiwa yang penuh kekuatan  dan  kemauan,  ia
menoleh kepada pamannya seraya berkata:
 
"Paman,  demi  Allah,  kalaupun  mereka meletakkan matahari di
tangan kananku dan meletakkan bulan di tangan  kiriku,  dengan
maksud  supaya  aku meninggalkan tugas ini, sungguh tidak akan
kutinggalkan,  biar  nanti   Allah   yang   akan   membuktikan
kemenangan itu ditanganku, atau aku binasa karenanya."
 
Ya,  demikian besarnya kebenaran itu, demikian dahsyatnya iman
itu!  Gemetar  orang  tua  ini  mendengar  jawaban   Muhammad,
tertegun  ia.  Ternyata  ia berdiri dihadapan tenaga kudus dan
kemauan yang begitu tinggi, di atas  segala  kemampuan  tenaga
hidup yang ada.
 
Muhammad  berdiri.  Airmatanya  terasa  menyumbat karena sikap
pamannya  yang  tiba-tiba   itu,   sekalipun   tak   terlintas
kesangsian   dalam   hatinya   sedikitpun   akan   jalan  yang
ditempuhnya itu.
 
Seketika lamanya Abu Talib masih dalam keadaan  terpesona.  Ia
masih  dalam  kebingungan  antara tekanan masyarakatnya dengan
sikap kemanakannya itu. Tetapi  kemudian  dimintanya  Muhammad
datang   lagi,   yang   lalu   katanya:   "Anakku,  katakanlah
sekehendakmu. Aku tidak akan menyerahkan  engkau  bagaimanapun
juga!"
                          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ZIKIR VERSI TAREKAT

1. Enam tingkatan dalam persiapan zikir, I. Berniat Dalam niat itu diucapkan : "Ilaahi anta maqshuudii wa ridhaka mathlubi". (Ya Allah, Engkaulah yang aku maksud dan keridhaan-Mulah yang aku cari). II. Duduk Tarekat. Yaitu duduk seperti duduk tahiyat terakhir dalam sholat, kepala ditundukkan ke sisi kiri. III. Rabithatu Mursyid (rasa pertalian dgn Nabi Muhammad saw). 1. Mengucapkan: "Assalmu alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wabarakatuh". Pada tingkat ini seolah-olah Nabi Muhammad saw hadir di depan kita bersalaman. 2. Kemudian mengucapkan: "Assalamu 'alaina wa 'ala ibadishshalihin". Mengucapkan salam atas diri dan hamba-hamba Allah swt yg sholeh. IV. Bertobat. A. Membaca Istighfar tujuh kali Diniatkan supaya diampunkan oleh Allah swt dosa kita, yaitu: 1. Mata, 2. Telinga, 3. Hidung, 4. Mulut, 5. Tangan, 6. Kaki, dan 7. Syahwat. B. Membaca Istighfar tujuh kali untuk diampunkan dosa bathin, yait

TAKHRIJ HADITS TENTANG MENDATANGI DUKUN

TAKHRIJ HADITS TENTANG MENDATANGI DUKUN Penelitian  takhrij dilakukan dengan menggunakan metode takhrij al-hadits bi al-lafzh dengan menggunakan program CD Al-Maktabah al-Syamilah Versi 3.28 dengan kata kunci يَأْتُونَ الْكُهَّان . Menurut hasil pencarian, potongan hadits tesebut terdapat dalam kitab Sunan Abu Dawud, juz 1, hlm. 349; Musnad Ahmad , juz 39, hlm. 184, 185 dan 186; Sunan al-Kubra li al-Baihaqi, juz 8, hlm. 138; Mu’jam al-Kabir li al-Thabrani , juz 14, hlm. 326 dan 327. Berikut ini dikemukakan secara lengkap teks hadits tersebut serta jalur-jalur sanadnya:       سنن أبي داود (ج 1\ ص 349) باب تَشْمِيتِ الْعَاطِسِ فِى الصَّلاَةِ. رقم : 931 حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى ح وَحَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ - الْمَعْنَى - عَنْ حَجَّاجٍ الصَّوَّافِ حَدَّثَنِى يَحْيَى بْنُ أَبِى كَثِيرٍ عَنْ هِلاَلِ بْنِ أَبِى مَيْمُونَةَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ الْحَكَمِ السُّلَمِىِّ قَالَ صَ

KISAH SINGA DAN GAJAH

Di sebuah hutan terdapat raja hutan (singa) yang merasa dirinya hebat, dan untuk melegalisasikan kehebatannya, maka si singa bertanya kepada sebagian penghuni hutan. Bertanyalah si singa kepada seekor gorila. Singa: “Hai gorila, siapakah yang paling gagah di hutan ini?” Gorila: “Anda tuanku Baginda.” Banggalah si singa mendengar itu. Kemudian ia bertemu dengan seekor banteng. Singa: “Hai banteng, siapakah yang paling gagah dan hebat di hutan ini?” Banteng: “Sudah tentu Anda Baginda Raja hutan.” Mendengar jawaban-jawaban dari sebagian hewan yang ia temui, merasa sombonglah si singa. Kemudian ia berjalan kembali dengan PDnya, dan di tengah jalan ia bertemu dengan seekor gajah. Singa: “Hai gajah,Kau adalah hewan dengan hidung,telinga,dan badan terbesar di hutan ini,mungkin otakmu juga sebesar tubuhmu,,aku mau tanya, siapakah yang paling gagah dan perkasa di hutan ini?” akan Tetapi gajah tidak menjawab, dan di luar dugaan singa, gajah langsung menghajar dan menginja