BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Meneliti kebenaran suatu berita, merupakan bagian dari upaya membenarkan yang
benar dan membatalkan yang batil. Kaum muslim sangat besar perhatiannya dalam
segi ini, baik untuk penetapan suatu pengetahuan atau pengambilan suatu dalil.
Terlebih jika hal itu berkaitan dengan riwayat hidup Nabi mereka atau ucapan
dan perbuatan yang dinisbahkan kepada beliau.Hal ini merupakan langkah pertama
dan upaya realistis yang harus dilakukan sebelum melakukan pemahaman dan kajian
lebih lanjut.
Adalah kewajiban kaum muslim untuk memahami hadits dengan semua ciri khas dan
karekteristik yang komprehensif, saling melengkapi, seimbang dan penuh
kemudahan. Kaum muslim juga harus memperhatikan dan berusaha memahami hadits
Nabi dengan sebaik-baiknya dan berinteraksi dengannya dalam aspek hukum dan
moral. Artinya, dalam pemahaman terhadap hadits, kontak dialogis antara nash
dengan setting sosial budaya ketika hadits itu muncul harus dipahami. Langkah
selanjutnya adalah bagaimana kita dapat mengkontekstualisasikannya pada masa
kontemporer ini.
Hadits tentang lukisan dan patung merupakan salah satu diskursus yang belum
dapat dikatakan berkesudahan. Pemahaman tentang teks hadits sering kali
dicukupkan pada kritik sanad dan sedikit pemahaman kebahasaan. Kenyataan
semacam ini menyebabkan kesimpulan yang dirasa sangat terburu-buru. Pemahaman
konteks yang melingkupi sejarah munculnya hadits sering diabaikan. Sehingga
aktualisasi hadits menjadi hal yang mustahil dilakukan.
Menyadari hal tersebut, penulis mencoba untuk menuangkan sedikit gagasan dan
pengetahuan dalam upaya pemahaman hadits lukisan dan patung melalui pendekatan
sosio-historis. Tulisan ini diharapkan dapat memberikan gagasan baru yang lebih
komprehensif dalam pemahaman hadits tentang lukisan dan patung sehingga dapat
diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.
B. RUMUSAN MASALAH
Berangkat dari permasalahan
diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
- Bagaimana status hadits tentang membuat gambar/patung
itu setelah takhrij?
- Bagaimana hukum membuat lukisan / patung ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Takhrij Hadits Tentang Ancaman Bagi Pembuat Gambar / Patung.
Penelitian
takhrij dilakukan dengan
menggunakan metode takhrih al-hadits bi al-lafzh. Menurut
hasil pencarian, potongan hadits tesebut terdapat beberapa kitab hadits, akan
tetapi peneliti hanya mengambil riwayat hadits yag berkenaan dengan tema di
atas. Riwayat-riwayat tersebut terdapat di dalam kitab-kitab hadits antara lain;
1. Shahih Bukhari,
bab al-tijarah fi ma yukrahu labsuhu li al-rijal wa al-nisa, juz 3, hn
(hadits nomor) 2105; , bab hal
yarji’u iza ra’a mungkaran fi al-da’wah, juz 7, hn. 5181; bab man kariha
al-‘uqud ‘al al-shuwar, juz 7, nh. 5957; bab man lam yadkhul baitan fihi
shurah, juz 7, hn. 5961; bab qawlihi ta’ala (wa Allahu khalaqakum wa ma ta’malun) (inna
kulli syai’in khalaqnahu bi qadar), juz 9, hn. 7557dan 7558.
2. Shahih Muslim,
bab la tadkhul al-malaikah fihi kalbun wa la shurah, juz 6, hn. 5655.
3. Sunan al-Nasa’i al-Kubra,
bab dzikru ma yukallafu ashhab al-shuwar yaum al-qiyamah, juz 8, hn.
5361 dan 5362.
4. Sunan Ibnu Majah,
bab al-shina’at, juz 2, hn. 2151.
5. Musnad Ahmad,
musnad ‘Abdullah bin ‘Umar, juz 10, hn. 5767; musnad ‘Abdullah
bin ‘Umar, juz 10, hn. 6084; musnad ‘Aisyah binti al-Shiddiq, juz
40, hn 24417; juz 41, hn. 24510; juz 43, hn. 25869 dan juz 43, hn.
26090.
6. Muwaththa’ Malik,
bab ma ja’a fi al-shuwar wa al-tamatsil, juz 6, hn. 3547.
7. Shahih Ibnu Hibban,
bab al-shuwar wa al-mushawwirin, juz 13, hn. 5845.
8. Sunan al-Kubra li al-Baihaqi,
bab al-rajuli yud’a ila al-walimat fiha al-ma’shiyat nahahum fa in nahaw
dzalika ‘anhu wa inla fa lam yajib, hn. 14331 dan bab al-mad’u yara fi
al-mawdhi’ alladzi yd’a fi shurat manshubat dzata arwah fa la yadkhul, hn.
14946, juz 7.
Berikut
ini dikemukakan secara lengkap teks hadits tersebut:
صحيح
البخاري. (ج 3\ ص 83) باب التجارة
فيما يكره لبسه للرجال والنساء. رقم: 2105
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللهِ بْنُ يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ
مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أَنَّهَا
أَخْبَرَتْهُ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ عَلَى الْبَابِ فَلَمْ
يَدْخُلْهُ (يَدْخُلْ) فَعَرَفْتُ فِي وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةَ فَقُلْتُ يَا
رَسُولَ اللهِ أَتُوبُ إِلَى اللهِ وَإِلَى رَسُولِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ مَاذَا أَذْنَبْتُ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ مَا بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ قُلْتُ اشْتَرَيْتُهَا لَكَ لِتَقْعُدَ
عَلَيْهَا وَتَوَسَّدَهَا فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ (الصُّورَةِ) يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُعَذَّبُونَ
فَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ وَقَالَ إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي فِيهِ
الصُّوَرُ (هَذِهِ الصُّوَرُ) لَا تَدْخُلُهُ الْمَلَائِكَةُ[1]
صحيح
البخاري. (ج 7\ ص 33) باب هَلْ يَرْجِعُ إِذَا رَأَى مُنْكَرًا فِي الدَّعْوَةِ.
رقم: 5181
حَدَّثَنَا
إِسْمَاعِيلُ ، قَالَ : حَدَّثَنِي مَالِكٌ ، عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ
مُحَمَّدٍ ، عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهَا
أَخْبَرَتْهُ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا
رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَامَ عَلَى الْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْ
فَعَرَفْتُ فِي وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةَ ، فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللهِ أَتُوبُ
إِلَى اللهِ وَإِلَى رَسُولِهِ مَاذَا أَذْنَبْتُ ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى
الله عليه وسلم مَا بَالُ هَذِهِ النِّمْرِقَةِ قَالَتْ فَقُلْتُ اشْتَرَيْتُهَا
لَكَ لِتَقْعُدَ عَلَيْهَا وَتَوَسَّدَهَا ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه
وسلم إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
وَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ وَقَالَ إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي فِيهِ
الصُّوَرُ لاَ تَدْخُلُهُ الْمَلاَئِكَةُ.[2]
صحيح
البخاري. (ج 7\ ص216) باب من كره القعود على الصور. رقم: 5957
حَدَّثَنَا
حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ ، حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ ، عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ
الْقَاسِمِ ، عَنْ عَائِشَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ، أَنَّهَا اشْتَرَتْ
نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَقَامَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم بِالْبَابِ
فَلَمْ يَدْخُلْ فَقُلْتُ أَتُوبُ إِلَى اللهِ مِمَّا أَذْنَبْتُ قَالَ مَا هَذِهِ
النُّمْرُقَةُ قُلْتُ لِتَجْلِسَ عَلَيْهَا وَتَوَسَّدَهَا قَالَ إِنَّ أَصْحَابَ
هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا
خَلَقْتُمْ وَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لاَ تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ الصُّورَةُ.[3]
صحيح
البخاري (ج 7\ ص 217) باب من لم يدخل بيتا فيه صورة. رقم: 5961
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ ، عَنْ مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ
مُحَمَّدٍ ، عَنْ عَائِشَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ، زَوْجِ النَّبِيِّ صلى
الله عليه وسلم أَنَّهَا أَخْبَرَتْهُ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا
تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَامَ عَلَى
الْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْ فَعَرَفَتْ فِي وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةَ قَالَتْ يَا
رَسُولَ اللهِ أَتُوبُ إِلَى اللهِ وَإِلَى رَسُولِهِ مَاذَا أَذْنَبْتُ قَالَ مَا
بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ فَقَالَتِ اشْتَرَيْتُهَا لِتَقْعُدَ عَلَيْهَا
وَتَوَسَّدَهَا ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ أَصْحَابَ
هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا
خَلَقْتُمْ - وَقَالَ - إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي فِيهِ الصُّوَرُ لاَ تَدْخُلُهُ
الْمَلاَئِكَةُ.[4]
صحيح
البخاري (ج 9\ ص 197) باب قَوْلِ اللهِ تَعَالَى : {وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا
تَعْمَلُونَ}. {إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ}. رقم: 7557
حَدَّثَنَا
قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ الْقَاسِمِ
بْنِ مُحَمَّدٍ ، عَنْ عَائِشَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ
صلى الله عليه وسلم قَالَ : إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ وَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُم.[5]
صحيح
البخاري (ج 9\ ص 197) باب قَوْلِ اللهِ تَعَالَى : {وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا
تَعْمَلُونَ}. {إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ}. رقم: 7558
حَدَّثَنَا
أَبُو النُّعْمَانِ ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ ، عَنْ أَيُّوبَ ، عَنْ
نَافِعٍ ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا ، قَالَ : قَالَ
النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ
يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ.[6]
صحيح مسلم ( ج6\ ص 160) باب لاَ تَدْخُلُ الْمَلاَئِكَةُ
بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلاَ صُورَةٌ. رقم: 5655
حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنِ الْقَاسِمِ
بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرَقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ
فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَامَ عَلَى الْبَابِ
فَلَمْ يَدْخُلْ فَعَرَفْتُ أَوْ فَعُرِفَتْ فِى وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةُ
فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتُوبُ إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ فَمَاذَا
أَذْنَبْتُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا بَالُ هَذِهِ
النُّمْرُقَةِ ». فَقَالَتِ اشْتَرَيْتُهَا لَكَ تَقْعُدُ عَلَيْهَا
وَتَوَسَّدُهَا.فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ أَصْحَابَ
هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ وَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ ». ثُمَّ
قَالَ « إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِى فِيهِ الصُّوَرُ لاَ تَدْخُلُهُ الْمَلاَئِكَةُ
».[7]
سنن النسائي الكبرى ( ج 8\ ص 215) ذكر ما يكلف أصحاب
الصور يوم القيامة. رقم: 5361
أخبرنا
قتيبة قال حدثنا حماد عن أيوب عن نافع عن بن عمر أن النبي صلى الله عليه و سلم قال
: إن أصحاب هذه الصور الذين يصنعونها يعذبون يوم القيامة يقال لهم أحيوا ما خلقتم.[8]
سنن النسائي الكبرى ( ج 8\ ص 215) ذكر ما يكلف أصحاب
الصور يوم القيامة. رقم: 5362
أخبرنا
قتيبة قال حدثنا الليث عن نافع عن القاسم عن عائشة زوج النبي صلى الله عليه و سلم
أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : إن أصحاب هذه الصور يعذبون يوم القيامة
ويقال لهم أحيوا ما خلقتم[9]
سنن ابن ماجه (ج 2\ ص 728) باب الصناعات رقم: 2151
حدّثنا محمد بن رُمْحِ . حدثنا الليث بن سعد عن
نافع عن القاسم بن محمد عن عائشة أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: - (إن
أصحاب الصور يعذبون يوم القيامة . يقال لهم: أحيوا محمد خلقتم)[10]
مسند أحمد بن حنبل (ج 10\ ص 51) مسند عبد الله بن عمر.
رقم: 5767
حَدَّثَنَا
عَفَّانُ، حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ، حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ
عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِنَّ
أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ "،
وَيُقَالُ لَهُمْ:" أَحْيُوا مَا
خَلَقْتُمْ"[11]
مسند أحمد بن حنبل (ج 10\ ص 256) مسند عبد الله بن عمر.
رقم: 6084
حَدَّثَنَا يُونُسُ، حَدَّثَنَا
حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ
أَصْحَابَ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَيُقَالُ لَهُمْ:
أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ "[12]
مسند أحمد بن حنبل (ج 40\ ص479) مسند عائشة بنت الصديق.
رقم: 24417
حَدَّثَنَا
الْخُزَاعِيُّ، حَدَّثَنَا لَيْثٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ الْقَاسِمِ، عَنْ
عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "
إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، يُقَالُ
لَهُمْ: أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ"[13]
مسند أحمد بن حنبل (ج 41\ ص56) مسند عائشة بنت الصديق.
رقم: 24510
حَدَّثَنَا
هَاشِمٌ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، قَالَ: حَدَّثَنِي نَافِعٌ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ
مُحَمَّدٍ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،
قَالَ: " إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ، وَيُقَالُ لَهُمْ: أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ "[14]
مسند أحمد بن حنبل (ج 43\ ص56) مسند عائشة بنت الصديق.
رقم: 25869
حَدَّثَنَا
حَجَّاجٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا لَيْثٌ، قَالَ: حَدَّثَنِي نَافِعٌ، عَنِ الْقَاسِمِ
بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ " إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ "، وَيُقَالُ لَهُمْ: " أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ "[15]
مسند أحمد بن حنبل (ج 43\ ص198) مسند عائشة بنت الصديق.
رقم: 26090
حَدَّثَنَا
رَوْحٌ، حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ
مُحَمَّدٍ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّهَا أَخْبَرَتْهُ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً
فِيهَا تَصَاوِيرُ ، فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ، قَامَ عَلَى الْبَابِ، فَلَمْ يَدْخُلْ، فَعَرَفْتُ فِي وَجْهِهِ
الْكَرَاهِيَةَ، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَتُوبُ إِلَى اللهِ وَإِلَى
رَسُولِهِ، مَا أَذْنَبْتُ ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: " مَا بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ ؟ " فَقُلْتُ:
اشْتَرَيْتُهَا لِتَقْعُدَ عَلَيْهَا وَلِتَوَسَّدَهَا، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّورِ
يُعَذَّبُونَ بِهَا، يُقَالُ لَهُمْ: أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ " وَقَالَ:
" إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي فِيهِ الصُّورَةُ
لَا تَدْخُلُهُ الْمَلَائِكَةُ "[16]
موطأ مالك ( ج 6\ ص 1407) بَاب مَا جَاءَ فِي الصُّوَرِ
وَالتَّمَاثِيلِ. رقم: 3547
و
حَدَّثَنِي مَالِك عَنْ نَافِعٍ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ
زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهَا اشْتَرَتْ
نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ عَلَى الْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْ فَعَرَفَتْ فِي وَجْهِهِ
الْكَرَاهِيَةَ وَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتُوبُ إِلَى اللَّهِ وَإِلَى
رَسُولِهِ فَمَاذَا أَذْنَبْتُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَمَا بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ قَالَتْ اشْتَرَيْتُهَا لَكَ تَقْعُدُ
عَلَيْهَا وَتَوَسَّدُهَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
يُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ ثُمَّ قَالَ إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي
فِيهِ الصُّوَرُ لَا تَدْخُلُهُ الْمَلَائِكَةُ[17]
صحيح ابن حبان ( ج 13\ ص 155) باب الصور والمصورين. رقم:
5845
أخبرنا
الحسين بن إدريس قال : أخبرنا أحمد بن أبي بكر عن ملك عن نافع عن القاسم بن محمد :
عن عائشة أنها اشترت نمرقة فيها تصاوير فلما رآها رسول الله صلى الله عليه و سلم
قام على الباب فلم يدخل فعرفت في وجهه الكراهية فقالت : يا رسول الله أتوب إلى
الله وإلى رسوله فماذا أذنبت ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ( فما بال
هذه النمرقة ) ؟ فقالت : اشتريتها لك تقعد عليها وتوسدها فقال : ( إن أصحاب هذه
الصور يعذبون يوم القيامة فيقال لهم : أحيوا ما خلقتم ) ثم قال : ( إن البيت الذي
فيه الصور لا تدخله الملائكة )[18]
سنن الكبري
للبيهقي ( ج 7 \ ص 266) باب الرجل يدعى إلى الوليمة وفيها المعصية نهاهم فإن نحوا
ذلك عنه وإلا لم يجب. رقم : 14331، باب الْمَدْعُوِّ يَرَى فِى الْمَوْضِعِ
الَّذِى يُدْعَى فِيهِ صُوَرًا مَنْصُوبَةً ذَاتَ أَرْوَاحٍ فَلاَ يَدْخُلُ. رقم:
14946
اسْتِدْلاَلاً
بِمَا أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ
إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِىِّ بْنِ زِيَادٍ حَدَّثَنَا
ابْنُ أَبِى أُوَيْسٍ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ
مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا أَخْبَرَتْهُ :
أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللَّهِ
-صلى الله عليه وسلم- قَامَ عَلَى الْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْ فَعَرَفَتْ فِى
وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةَ فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتُوبُ إِلَى اللَّهِ
وَإِلَى رَسُولِهِ مَاذَا أَذْنَبْتُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم- :« مَا بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ ». فَقُلْتُ اشْتَرَيْتُهَا لَكَ
لِتَقْعُدَ عَلَيْهَا وَتَوَسَّدَهَا فَقَالَ :« إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ
يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُعَذَّبُونَ يُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ ».
وَقَالَ :« إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِى فِيهِ الصُّوَرُ لاَ تَدْخُلُهُ
الْمَلاَئِكَةُ ».[19]
Mencermati beberapa hadits di atas,
larangan membuat gambar di awali dengan cerita ‘Aisyah yang membelikan bantal
kecil untuk Rasulullah dimana pada bantal tersebut terdapat sebuah gambar
bernyawa yang menyebabkan raut wajah Rasulullah berubah karena tidak senang
dengan gambar tersebut, lalu beliau bersabda bahwa orang yang membuat gambar
tersebut akan diazab pada hari kiamat. Hadits inilah yang dijadikan salah satu
alasan larangan membuat gambar/lukisan apapun yang bernyawa, seperti gambar
manusia, binatang, burung dll.
Kutipan hadits di atas diawali
dengan حدثنا\ أخبرنا\ اخبرني. Yang menyatakan
kata itu adalah para mukharrij sekaligus sebagai periwayat terakhir. Mereka
adalah: imam Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Ahmad, Malik, Ibnu Majah, Ibnu Hibbah dan
al-Baihaqi.
Lambang
metode periwayatan yang dapat dicatat dari kutipan riwayat hadits tersebut
adalah haddatsana/haddatsani, ‘an, akhbarana, qara’tu ‘ala, anna dan qala. Itu
berarti, terdapat perbedaan metode periwayatan yang digunakan oleh periwayat
dalam sanad hadits tersebut.
Dari skema sanad hadits di atas,
nampak bahwa pada:
1. Sanad hadits pada riwayat imam Bukhari yaitu
dari:
a.
Abdullah
bin Yusuf dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
b.
Ismail
dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
c.
Hajjaj
bin Minhal dari Juwairiyah dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
d.
Abdullah
bin Maslamah dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
e.
Qutaibah
bin Sa’id dari al-Laits dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
f.
Abu
al-Nu’man dari Hammad bin Zaid dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar
2. Sanad hadits pada riwayat imam Muslim
yaitu, dari Yahya bin Yahya dari Malik dari Nafi’ dari al- Qasim bin Muhammad
dari ‘Aisyah
3. Sanad hadits pada riwaya al-Nasa’i yaitu
dari
a.
Qutaibah
dari Hammad dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar.
b.
Qutaibah
bin Sa’id dari al-Laits dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
4. Sanad hadits pada riwayat Ibnu Majah
yaitu Muhammad bin Rumh, dari al-Laits bin Sa’d dari Nafi’ dari al-Qasim dari
‘Aisyah.
5. Sanad hadits pada riwayat Ahmad yaitu
dari:
a.
‘Affan
dari Wuhaib dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar
b.
Yunus
dari Hammad bin Zaid dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar
c.
Al-khuza’i
dari Laits dari Nafi’ dari al-Qasim dari ‘Aisyah
d.
Hasyim
dari al-Laits dari Nafi’ dari al-Qasim dari ‘Aisyah
e.
Hajjaj dari Laits dari Nafi’ dari al-Qasim dari
‘Aisyah
f.
Rauh
dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim dari ‘Aisyah
6. Sanad hadits pada riwayat Malik yaitu
Nafi’ dari al-Qasim dari ‘Aisyah
7. Sanad hadits pada riwayat Ibnu Hibban
yaitu dari Husain bin Idris dari Ahmad bin Abi Bakar dari Malik dari Nafi’ dari
al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
8. Sanad hadits pada riwayat al-Baihaqi
yaitu dari Abu ‘Abdillah al-hafizh dari Abu Bakar bin Ishak dari Hasan bin ‘Ali
bin Ziyad dari Ibnu Abi uwais dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad
dari ‘Aisyah.
Sanad
dari delapan mukharrij tersebut melalui 19 jalur sanad yang semuanya
bertemu pada Nafi’. Jika diperhatikan skema hadits di atas tampak bahwa hadits
tersebut segi kuantitas (jumlah periwayat) berstatus hadits ahad, dan
termasuk dalam golongan hadits gharib, karena pada thabaqah pertengahan
tabi’in masing-masing hanya terdapat satu orang perawi.
Kaedah
Keshahihan Sanad
Dalam kaedah keshahihan sanad ini
dilakukan dengan memilih salah satu jalur sanad riwayat imam Bukhari dengan
pertimbangan bahwa kualitas hadits pada kitab Shahih Bukhari menduduki
rengking pertama dari semua kitab-kitab hadits.
1. ‘Aisyah ra.
Nama lengkap: ‘Aisyah binti al-Imam al-Shiddiq
al-Akbar Khalifah Rasulullah Abu Bakar bin Abi Quhafah ‘Utsman bin ‘Amir bin
‘Amr bin Ka’b bin Sa’d bin Taim bin Murrah bin Ka’b bin Lu’ai al-Qurasyi
al-Taimiyyah al-Makkiyah al-Nabawiyyah Ummul Mukminin istri Nabi saw[20].
Beliau adalah wanita yang paling faqih,
paham agama dan adab. Kunyahnya Ummu ‘Abdullah, dinikahi oleh Rasulullah pada
tahun ke dua Hijriyah. Beliau juga adalah wanita yang paling dicintai oleh
Rasul serta yang wanita yang paling banyak meriwayatkan hadits.[21]
2. Qasim bin Muhammad
a.
Nama
lengkap: al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar al-Shiddiq al-Qurasyi al-Taimi,
Abu Muhammad atau Abu Abd al-Rahman al-Madani.[22]
b.
Guru-gurunya,
antara lain ‘Aisyah, Mu’awiyah bin Abi Sufyan, Abu Hurairah, Abdullah
bin’Umar bin Khaththab dan Abdullah bin ‘Abbas.
c.
Murid-muridnya,
antara lain Nafi’, Ja’far bin Muhammad al-Shadiq, Sulaiman bin Musa,
Malik bin Dinar dan Abu ‘Utsman al-Anshari.
d.
Komentar
para kritikus.
1)
Muhammad
bin Sa’ad berkata: ibunya bernama Saudah, beliu seorang yang tsiqah, memiliki
kedudukan yang tinggi, ‘alim, faqih, imam, wara’
dan banyak meriwayatkan hadits.
2)
Yahya
bin Sa’id berkata: kami tidak menjumpai seseorang di Madinah yang lebih utama
dari Qasim.
3)
Sulaiman
bin Harb meriwayatkan dari Wahib, ia mendengar Ayyub berbicara tentang Qasim
bin Muhammad lalu berkata: saya tidak pernah menjumpai seseorang yang labih
utama darinya.
4) Ibnu Hajar berkata: dia adalah tsiqah
Dari komentar para kritikus di atas
pada umumnya memberikan pujian bahkan pujian yang tinggi, sehingga dapat
dinyatakan termasuk periwayat kepercayaan (tsiqah atau ‘adil dan dhabit),
demikian juga dari segi hubungan guru dan murid dapat dinyatakan ia bertemu
dengan gurunya ‘Aisyah walaupun dalam meriwayatkan menggunakan lambang ‘an.
3. Nafi’
a. Nama lengkap: Nafi’ Abu Abdullah
al-Madani, konon ia berasal dari Maghrib ada juga yang mengatakan dari
Naisabur. Ia adalah budak Abdullah bin ‘Umar bin al-Kaththab al-Qurasyi. [23]
b. Guru-gurunya antara lain Qasim bin
Muhammad, Abu Sa’id al-Khudri, Mughirah bin Hakim al-Shan’ani, Abdullah bin
‘Umar.
c. Murid-muridnya antara lain, Sa’id bin
Maimun, Abdullah bin Dinar, Abdullah bin Nafi’ (putranya) dan Malik bin Anas.
d. Komentar para kritikus.
1) Al-Nasa’i mengatakan: ia tsiqah
2) Ibnu Syahin menyebutkan dalam kitabnya al-Tsiqat:
Ahmad bin Shalih al-Mishri berkata, Nafi’ adalah seolah hafizh lagi tsabit.
3) Nu’aim bin Hammad meriwatkan dari Sufyan
bin ‘Uyainah, ia mendengar ‘Ubaidillah bin ‘Umar berkata: sungguh Allah telah memberikan
karunia kepada kita dengan hadirnya
Nafi’.
4) Muhammad bin Sa’id menyebutkannya dalam Thabaqat
al-Tsalits min Ahli al-Madinah dan berkata: ia adalah seorang yang tsiqah
lagi banyak meriwayatkan hadits.
5) Ibnu Hajar menyebutkan: dia seorang yang
tsiqah, tsabit, faqih dan sangat terkenal
6) Al-Zahabi: ia termasuk imam generasi tabi’in
serta orang yang paling ‘alim.
Para kritikus di atas memberikan
pujian bahkan pujian yang tinggi, sehingga dapat dinyatakan termasuk periwayat
kepercayaan (tsiqah atau ‘adil dan dhabit), demikian juga
dari segi hubungan guru dapat dinyatakan ia bertemu dengan gurunya Qasim bin
Muhammad walaupun dalam meriwayatkan menggunakan lambang ‘an.
4. Malik bin Anas
a.
Nama
lengkapnya syaikhul islam hujjat al-ummah imam dar al-hijrah Abu ‘Abdillah Malik
bin Anas bin Malik bin Abi ‘Amir bin ‘Amr bin Harits bin Ghaiman bin Khutsail
bin Harits al-Ashbahi al-Humairi al-Madani al-Faqih.[24]
b.
Guru-gurunya
antara lain, Nafi’, ‘Aisyah binti Sa’id bin Abi Waqqash, Ja’far bin Muhammad
al-Shadiq dan ‘Abdullah bin Dinar.
c.
Murid-muridnya
antara lain, ‘Abdullah bin yusuf al-Tunisi, Ismail bin ‘Ilyah, Sufayan
al-Tsauri, Sufyan bin ‘Uyainah dan Muhammad bin Idris al-Syafi’i
d.
Komentar
para kritikus
1)
Harb
bin Isma’il pernah bertanya kepada Ahmad bin Hanbal: siapakah yang paling shahih
haditsnya dari al-Zuhri dan Sufyan bin ‘Uyainah, ia (Ahmad) menjawab: Malik
yang lebih shahih haditsnya
2)
Yahya
bin Ma’in berkata: dia tsiqah
3)
Ibnu
Hajar: dia adalah imamnya penduduk dar al-hijrah (Madinah), pemimpinnya
orang-orang yang mutqin (kuat hafalannya), pembesar orang-orang yang mutsbit
sehingga imam Bukhari pernah berkata: sanad hadits yang paling shahih adalah
Malik dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar.
Para kritikus di atas memberikan
pujian bahkan pujian yang tinggi, sehingga dapat dinyatakan termasuk periwayat
kepercayaan (tsiqah atau ‘adil dan dhabit), demikian juga
dari segi hubungan guru dapat dinyatakan ia bertemu dengan gurunya Nafi’ walaupun dalam meriwayatkan menggunakan
lambang ‘an.
5. Abdullah bin Yusuf
a.
Nama
lengkapnya adalah Abdullah bin Yusuf al-Tunisi Abu Muhammad al-Kila’i al-Mishri.
Beliau berasal dari Damaskus kemudian tinggal di Tunisia[25]
b.
Guru-gurunya
antara lain, Ismail bin ‘Ilyah, Malik bin Anas, al-Laist bin Sa’ad,
Abdullah bin Wahb dan ‘Abdullah bin Luhai’ah
c.
Murid-muridnya
antara lain, al-Bukhari, Yahya bin Ma’in dan Ismail bin ‘Abdullah al-Ashbahani.
d.
Komentar
para kritikus
1)
Abu
Bakar bin Khuzaimah berkata, saya mendengar Nashr bin Marzuq berkata, saya
mendengar Yahya bin Said berkata ketika aku bertanya kepadanya tentang para
perawi dalam kitab al-Muwaththa’ dari Malik lalu ia berkata, orang yang
paling mutsbit dala kitab al-Muwaththa adalah Abdullah bin Maslamah kemudian
setelah Abdullah bin Yusuf al-Tunisi.
2)
Ahmad
bin Abdullah al-‘Ijli berkata: dia itsiqah
3)
Al-Bukhari
berkata: dia adalah di antara orang Syam yang paling mutsbit
4)
Ibnu
Hajar: dia tsiqah, mutqin dan perawi yang paling mutsbit
dalam kitab al-muwaththa’.
Para kritikus di atas memberikan pujian
bahkan pujian yang tinggi, sehingga dapat dinyatakan termasuk periwayat
kepercayaan (tsiqah atau ‘adil dan dhabit), demikian juga
dari segi hubungan guru dapat dinyatakan ia bertemu dengan gurunya Malik bin
Anas bahkan dalam meriwayatkan menggunakan lambang akhbarana.
6. Imam al-Bukhari
a.
Nama
lengkapnya adalah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah al-Ju’fi
Abu Abdullah al-Bukhari al-Hafizh[26]
b.
Guru-gurunya
antara lain, Ahmad bin Hanbal, Sulaiman bin Harb, ‘Abdullah bin Yusuf
al-Tunisi, ‘Ali bin al-Madini dan Qutaibah bin Said
c.
Murid-muridnya
antara lain, al-Tirmidzi, Abu Zur’ah al-Razi, Abu Hatim al-Razi, Ibnu Khuzaimah
dan Muslim bin al-Hajjaj.
Dengan melihat para perawi yang terdapat pada sanad
hadits riwayat Bukhari tersebut, baik dari ketersambungannya antara guru dengan
murid maupun dari ke-adil-an dan ke-dhabit-annya, maka dapat
dinyatakan bahwa sanad hadits tersebut adalah muttashil (bersambung) dan
para periwayatnya adalah orang-orang kepercayaan. Dengan begitu maka sanad
hadits tersebut dihukumi shahih li dztihi.
B. Hukum membuat gambar.
1.
Kondisi
Islam Arab, sebuah perjumpaan.
Sebelum
Islam datang, bangsa Arab telah menganut agama yang mengakui Allah sebagai
Tuhan mereka. Kepercayaan ini diwarisi turun-menurun sejak nabi Ibrahim dan
Ismail. Al-Qur’an menyebutnya dengan Hanif, yaitu kepercayaan yang mengakui
ke-Esaan Allah sebagai pencipta alam, Tuhan menghidupkan dan mematikan, Tuhan
yang member rizki dan sebagainya. Kepercayaan terhadap Allah tersebut tetap
diyakini oleh bangsa Arab samapai kerasulan Muhammad SAW. Hanya saja keyakinan
itu dicampuradukan dengan tahayyul dan kemusyrikan, menyekutukan Tuhan dengan
sesuatu dalam penyembaan kepada-Nya, seperti jin, roh, hantu, bulan, matahari,
tumbuh-tumbuhan, berhala dan sebagainya. Kepercayaan yang menyimpang dari agama
Hanif itu disebut agama Watsaniyah.
Watsaniyah,
yaitu agama yang memperserikatkan Allah dengan mengadakan penyembahan kepada:
Aushab (batu yang belum memiliki bentuk), Autsan (patung yang dibuat dari batu)
dan Ashaam (patung yang terbuat dari kayu, emas, perak, logam dan semua patung
yang tidak terbuat dari batu). Penyimpangan itu terjadi perlahan-lahan. Mereka
menyatakan berhala-berhala itu sebagai perantara terhadap Allah. Allah tetap
diyakini sebagai yang Maha Agung. Tetapi antara Tuhan dan makhlukNya dirasakan
ada jarak yang mengantarinya. Berhala-berhala berlambang malaikat, putara-putra
Tuhan. Berhala menjadi kiblat atau penentu arah dalam penyembahan dan
peribadatan. Berhala diyakini sebagai tempat bersemayamnya roh nenek moyang
mereka yang harus dihormati dan dipuja. Demikian juga diantara mereka ada yang
mempertuhankan binatang-binatang dan tumbuh-tumbuhan sebagai anasir yang
memberi pengaruh terhadap alam semesta dan kehidupan manusia.[27]
Kondisi
semacam ini terus berlangsung dan berkelanjutan hingga kehadiran Muhammad putra
Abdullah. Nabi yang dijanjikan tersebut datang untuk membersihkan syirik yang
telah mengakar pada keyakinan mereka dan mengembalikannya kepada garis tauhid.
Kerasulan Muhammad SAW dengan misi tauhid tersebut harus dihadapkan pada
kondisi masyarakat Arab yang telah kental dengan berhala, patung, lukisan dan
segala macam objek ritual-relegious dengan wajah syirik dan penyimpangan.
Beberapa masyarakat Arab telah mahir melukis, memahat dan segala macam usaha
demi menciptakan sesembahan yang diinginkan. Bahkan tidak sedikit dari mereka
yang menjadikannya sebagai punggung pendapatan sehari-hari mengingat banyaknya
order dari para masyarakat. Sebuah cerita menggelitik datang dari al-Qurthubi
bahwa ia menceritakan:
وَذَكَرَ
الْقُرْطُبِيّ أَنَّ أَهْل الْجَاهِلِيَّة كَانُوا يَعْمَلُونَ الْأَصْنَام مِنْ
كُلّ شَيْء حَتَّى أَنَّ بَعْضهمْ عَمِلَ صَنَمه مِنْ عَجْوَة ثُمَّ جَاعَ
فَأَكَلَهُ.
“
al-Qurthubi menyebutkan bahwa sesungguhnya orang jahiliyyah adalah mereka yang
membuat berhala-berhala, bahkan sebagaian dari mereka membuat berhalanya dari
roti kemudian ketika ia lapar maka ia memakannya”.
Tampak
bahwa masyarakat arab pada waktu itu sedang terjangkit virus syirik yang telah
melembaga dan membudaya. Nabi, dengan inspirasi wahyu mencoba dan berusaha
menjauhkan mereka dari kegiatan keji tak berdasar itu. Bukan hal yang mudah
memang, akan tetapi sedikit demi sedikit orang-orang “lulusan” syirik arab
mulai menerima ajakan adan ajaran Muhammad SAW. Ajaran tauhid yang menetapkan
ke-Esaan Allah tidak serta merta mereka pahami dan yakini. Terlebih, banyak
diantara musyrik arab yang terus melanjutkan peninggalan nenek moyang itu.
Sebagai Nabi, merupakan tugas utama bahkan sebuah kewajiban untuk menghindarkan
umatnya dari belenggu penyimpangan dan keingkaran. Perjumpaan seperti inilah
yang terjadi diantara Nabi, umat muslim, dan para musyrik arab.
2.
Urgentisitas pelarangan pembuatan
lukisan dan patung.
Hadist yang menyebutkan bahwa
“sesungguhnya manusia yang paling keras diadzab pada hari kiamat ialah pembuat
sesuatu rupa” dan beberapa hadis lain yang menyebutkan larangan melukis, secara
redaksional menegaskan larangan berbagai bentuk lukisan dan seni pahat
(patung). Jika kita terburu-buru dan hanya memaknai hadis tersebut secara
tekstual, maka larangan lukisan dan patung akan menjadi sebuah keharaman mutlak
yang berlaku kapan dan dimanapun itu. Akan tetapi, untuk mendapatkan pemahaman
yang lebih komperhnensif alangkah baiknya jika kita menelisik kembali sejarah
dan dalam konteks bagaimana hadis itu disabdakan.
Beranjak
dari setting sosio-historis masyarakat arab pada waktu itu, ternyata umat Islam
belum lama sembuh dari penyakit-penyakit syirik yakni menyekutukan Allah dengan
menyembah berhala, patung dan sebagainya. Dalam kapasitasnya sebagai
rasul. Nabi SAW berusaha keras agar masyarakat umat Islam waktu itu benar-benar
sembuh dari kemusyrikan tersebut. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan
mengeluarkan fatwa larangan melukis, memproduksi, atau memajang lukisan atau
berhala (patung). Bahkan disertai dengan ancaman yang sangat keras. Imam
al-Thabari mengatakan: yang dimaksud dengan lukisan (patung) pada hadis ini
adalah segala sesuatu yang diciptakan untuk disembah. Dengan demikian,
larangan adanya lukisan atau patung tidak terlepas dari wujud penghambaan dan
pengkultusan terhadapnya. Meski umat Islam telah menadapkan ajaran tauhid, Nabi
tetap merasa khawatir terhadap umatnya jika dibiarkan membuat dan memampang
patung. kondisi semacam ini sesuai dengan sabab wurud hadis ini.[28]
Tentu,
konsekuensinya adalah adanya perhatian khusus dari Nabi tentang masalah lukisan
dan patung. Tidak semua lukisan pastinya, perhatian Nabi terhadap larangan
melukis atau memahat patung terfokuskan pada pola-pola yang berpotensi
dijadikan sesembahan. Oleh karena itu, dalam hadis lain disebutkan:
حَدَّثَنَا
إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ عَنْ عُبَيْدِ
اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ
الَّذِينَ يَصْنَعُونَ هَذِهِ الصُّوَرَ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُقَالُ
لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ
Dalam
memahami hadis diatas, Ibnu Abbas berkata: “gambar atau patung yang termasuk
dilarang terkhususkan pada gambar-gambar yang seakan mempunyai ruh, maka tidak
dilarang untuk gambar-gambar yang tidak mempunyai ruh seperti pepohonan.”
Selain itu, bentuk ataupun posisi gambar yang memungkinkan untuk dijadikan
sesembahan juga tidak luput dari perhatian nabi. Nabi melarang gambar-gambar
terpampang berdiri yang memberikan kesempatan untuk memuja. Dijelaskan pada
hadis riwayat ‘Aisyah:[29]
حَدَّثَنَا
عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ
الرَّحْمَنِ بْنَ الْقَاسِمِ وَمَا بِالْمَدِينَةِ يَوْمَئِذٍ أَفْضَلُ مِنْهُ
قَالَ سَمِعْتُ أَبِي قَالَ سَمِعْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَدِمَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ سَفَرٍ وَقَدْ سَتَرْتُ
بِقِرَامٍ لِي عَلَى سَهْوَةٍ لِي فِيهَا تَمَاثِيلُ فَلَمَّا رَآهُ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَتَكَهُ وَقَالَ أَشَدُّ النَّاسِ
عَذَابًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ الَّذِينَ يُضَاهُونَ بِخَلْقِ اللَّهِ قَالَتْ
فَجَعَلْنَاهُ وِسَادَةً أَوْ وِسَادَتَيْنِ
Sekali
lagi, rangkaian hadis ini menegaskan bahwa salah satu alasan dilarangnya gambar
dan patung adalah antisipasi nabi terhadap umat agar tidak terjangkit virus
lama yaitu syirik. Pemahaman seperti ini juga ditegaskan oleh Abu Ali al-Farisi
dalam kitabnya al-Tadzkirah, bahwa pelukis (pembuat patung) yang diancam oleh
Nabi adalah orang-orang yang meyakini bahwa Allah mempunyai bentuk ( يعتقدون أن
لله صورة). Kemudian, alasan siksaan yang begitu besar bagi pelukis atau pembuat
patung menurut al-Khattabi adalah, bahwa patung yang dibuat dijadikan Tuhan
yang disembah selain Allah. [30]
Selain
problem syirik, larangan gambar dan patung juga mempunyai hubungan yang erat
dengan kondisi muslim disaat melaksanakan ritul-relegious, seperti shalat dan
sebagainya. Tidak dapat dipungkiri, sebuah gambar ataupun patung mempunyai daya
tarik tersendiri bagi pandangan. Nilai estetika yang terkandung, terkadang
mengganggu kesakralan peribadatan. Maka, merupakan sebuah keniscayaan jika Nabi
memerintahkan agar gambar ataupun patung segera disingkirkan ketika beliau
melaksanakan shalat. Dalam hadis dijelaskan:
حَدَّثَنَا
عِمْرَانُ بْنُ مَيْسَرَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا عَبْدُ
الْعَزِيزِ بْنُ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ قِرَامٌ
لِعَائِشَةَ سَتَرَتْ بِهِ جَانِبَ بَيْتِهَا فَقَالَ لَهَا النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمِيطِي عَنِّي فَإِنَّهُ لَا تَزَالُ تَصَاوِيرُهُ
تَعْرِضُ لِي فِي صَلَاتِي
Jika
demikian, maka larangan lukisan atau patung pada saat itu sangatlah dibutuhkan
bahkan merupakan suatu blunder jika umat tidak disabdakan demikian.
Persoalannya, jika kondisi masyarakat sudah berubah, dimana masyarakat sudah
mencapai pada pemikiran posifistik- meminjam istilah Agust Comte- yang
kemungkinan besar tidak lagi dikhawatirkan terjerumus dalam penyembahan
terhadap lukisan dan patung. apakah kemudian membuat dan memajang lukisan masih
tetap dilarang? Hemat penulis, sebagaimana tujuan pelarangan, maka larangan
tersebut hanya bersifat sad al-Dzari’ah (langkah antisipatif) agar masyarakat
tidak kembali terprosok kepada kemusyrikan, terutama terhadap lukisan dan
patung. sedang untuk zaman sekarang, tampaknya kurang relevan lagi untuk
melarang seseorang melukis, berkreasi seni sebab hal itu merupakan hasil
ekspresi kejiwaan seorang palukis tanpa bermaksud mempertuhankannya. Akan
tetapi, jika dibenak pelukis terdapat secuil niat untuk menjadikannya
sesembahan maka hukum asal tetap berlaku baginya.[31]
3.
Persepsi Masyarakat Terhadap Hadis
Masyarakat
kita berbeda-beda dalam menanggapi hadis seputar larangan lukisan dan patung.
Mereka memiliki pemahaman dan argumenti masing-masing. Kelompok pertama,
melarang keras segala rupa patung dan gambar dengan alasan patung dan gambar
dapat menjadi sarana kesyirikan, karena awal mula dari kesyirikan dan kekufuran
adalah adanya pemujaan terhadap patung dan berhala. Selain itu terdapat hadis
yang menyatakan dengan jelas larangan menciptakan sesuatu yang menyerupai
ciptaan Allah. Kelompok kedua, membolehkan pembuatan lukisan dan patung karena
di masa sekarang, dimana tauhid telah melekat dalam jiwa umat Islam dan tidak dikhawatirkan lagi
terjadi syirik disebabkan patung-patung tersebut. Kelompok ketiga, membolehkan
patung dan lukisan hanya pada benda-benda tertentu.
Yaitu, pada makhluk yang tidak bernyawa atau pada
makhluk bernyawa yang tidak disempurnakan bentuknya.[32]
4.
Respon
Muslim Indonesia terhadap Larangan Lukisan dan Patung.
Sebelum Islam datang ke wilayah
Indonesia, masyarakat kita pun telah mempercayai adanya kekuatan “di luar”
kekuatan manusia. Kepercayaan mereka dikenal dengan sebutan Animisme
(kepercayaan terhadap ruh-ruh yang memiliki kekuatan gaib) dan Dinamisme (kepercayaan
terhadap benda-benda yang dianggap memiliki kekuatan karena ditempati atau
merupakan perwujudan dari ruh). Ruh-ruh tersebut dapat melekat pada benda-benda
alam seperti batu-batu besar, pohon, danau, dan lain sebagainya. Agar ruh-ruh
tersebut dapat memberikan berkah serta kesejahteraan bagi manusia, memberikan
kesuburan tanah untuk bercocok tanam, dan berkembangnya hewan-hewan ternak
mereka, maka diadakan upacara-upacara khusus disertai dengan sesaji. Hal ini
bisa dilihat dengan adanya bangunan-bangunan batu besar di masyarakat sekitar
kita. Bangunan tersebut digunakan sebagai sarana penghormatan dan pemujaan
terhadap arwah nenek moyang. [33]
Upacara
pemujaan ini masih tetap berlangsung sampai akhirnya Islam tersebar di
nusantara. Namun, budaya masyarakat yang telah melekat sedemikian lama tentu
tidak serta merta bisa dihapuskan begitu saja. Karena Islam datang dengan
kedamaian, budaya masyaraat kita tidak seluruhnya dihapuskan oleh para ulama’
yang menyebarkan agama melainkan
diimbangi dengan ritual-ritual islami. Dengan harapan, agar masyarakat lebih
cepat menerima ajaran Islam. Salah satu contohnya adalah wayang yang dibawa
oleh Sunan Kalijaga. karena pada waktu itu masyarakat masih mengagumi patung-patung, maka
Sunan Kalijaga menjadikan wayang sebagi media dakwah Islam. Dan keberhasilan beliau terbukti dengan tersebar
luasnya Islam di tanah Jawa.
Sunan
Kalijaga bukanlah satu-satunya muslim Indonesia yang mencoba memahami Islam
khususnya hadis dan berdakwa sesuai kultur sosio-historis masyarakat
Indonesia. Dengan menanamkan nilai-nilai Islam
terhadap budaya yang telah ada, wayang Sunan Kalijaga mampu membuat nuansa
Islam sebagai agama yang menarik, mudah dicerna, dan menjadi rahmatan li al-alamin khususnya Indonesia.
Seharusnya, bagi generasi setelahnya, melanjutkan dakwah seperti itulah yang
harus terus dilaksanakan.[34]
BAB III
P E N U T U P
A.
KESIMPULAN
Dari pembahasan makalah diatas, maka penulis menyimpulkan bahwa :
1. Setelah
diadakan pentakhrijan hadits tentang membuat gambar / patung maka dapat
diketahui bahwa hadits tersebut shahih li dzatih.
2. Dengan
menggunakan pendekatan sosio-historis, paling tidak hadits tentang ancaman larangan bagi
pelukis dan lukisan (pemahat dan patung) mempunyai beberapa poin penting yang
harus diperhatikan, diantaranya:
a.
Dalam
konteks umat Islam saat itu, sabda Nabi tersebut merupakan sebuah
hal yang mendesak dan mempunyai
tujuan yang sangat penting, yaitu antisipasi Nabi
terhadap umat agar tidak kembali kepada kesyirikan khususnya menyembah lukisan
dan patung.
b.
Untuk
zaman sekarang, tampaknya kurang relevan lagi untuk melarang seseorang melukis,
berkreasi seni sebab hal itu merupakan hasil ekspresi kejiwaan seorang palukis
tanpa bermaksud mempertuhankannya. Akan tetapi, jika dibenak pelukis terdapat
secuil niat untuk menjadikannya sesembahan maka hukum asal tetap berlaku
baginya.
3. Bagi Muslim Indonesia, pemaknaan secara
kontekstual, sebagaimana yang telah dilakukan
Wali Songo harus dilanjutkan. Jika seni lukis dan seni pahat (patung) dapat dijadikan media dakwah atau minimal
tidak mengantarkan pada kesyirikan, maka tidak ada salahnya mengekspresikan
kesenian tersebut di tengah
muslim Indonesia.
Daftar Pustaka
Abu
al-Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi al-Naisaburi, Shahih
Muslim,
Beirut: Dar al-Jail, t.th.
Al-Nasa’i, Ahmad
bin Syu’aib Abu ‘Abd al-Rahman, Sunan al-Nasa’I, Halb:
Maktab al-Mathbu’at al-Islamiyah, 1986.
Muhammad bin
Yazid Abu Abdillah al-Qazwaini, Sunan Ibn Majah,
Beirut:
Dar al-Fikri, t.th.
Al-Bukhari,
Abu ‘Abdilllah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mugirah, Shahih
al-Bukhari, Kairo: Dar al-Sya’b, 1987
Al-Baihaqi,
Abu Bakar Ahmad bin Husain bin ‘Ali, Sunan al-Kubra wa fi Dzailihi al-Jawhar
al-Naqi, Haidar Abad: Majlis Dairah al-Ma’arif
al-Nizhamiyah al-Kainah, 1344 H.
Ash Shiddieqy, T.M. Hasbi, Koleksi Hadis-Hadis Hukum, Bandung: al Ma’arif, 1976.
Al-Husaini, Ibnu Hamzah al-Dimsyaqi, al-Bayan wa al-Ta’rif fi Asbab Wurud al-Hadis al-Syarif, Beirut: al-Maktabah al-Ilmiyyah, tt.
Wargadinata, Wildana dan Laily Fitriani, Sastra Arab dan Lintas Budaya, Malang: UIN Malang Press, 2008.
Bukhari, Imam, Shahih Bukhari, CD ROM Mausu’ah al Hadis al Syarif Global Islamic Software.
Al-Asqalany, Ibnu Hajar, Fathu al-Bary fi Syarh Shahih Bukhari, CD ROM al-Maktabah al-Syamilah.
Muhammad Abdurrahman bin Abdirrahim, Tuhfadh al-Afwadzi bi Syarkh Jami’at al-Tirmidzi, CD RoM al-Maktabah al-Syamilah.
Al-Ghazali, Muhammad, al-Sunnah al-Nabawiyah baina Ahli al-Fiqh wa ahli al-Hadits, terj. Muhammad al-Baqir, Studi Kritis Atas Hadits Nabi SAW, Bandung: Mizan. 1994
Qaradhawi, Yusuf, Kaifa Nata’ammal ma’a al-Sunnah al-Nabawiyah, tej. Muhammad al-Baqir, Bagaimana Memahami Hadits Nabi SAW, Bandung: Karisma. 1993.
Zuhri, Muhammad, Tela’ah Matan Hadits, Yogyakarta: LESFI. 2003.
Al-Dzahabi,
Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin ‘Utsman, Tahdzib Siyar A’lam al-Nubala
(Beirut: Muassasah Al-Risalah, 1991) juz 1
Al-Mizzi,
Jamaluddin Abi al-Hajjaj Yusuf, Tahdzib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal (Beirut:
Muassasah al-Risalah), jilid 26
[1]Al-Bukhari, Abu
‘Abdilllah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mugirah, Shahih al-Bukhari
(Kairo: Dar al-Sya’b, 1987), bab man lam yadkhul baitan fihi shurat, hn.
5961, juz 3, hlm. 2105. CD al-Maktabah al-Syamilah. Versi 3.28.
[5]Ibid,. bab qaulihi ta’ala
“wallahu khalaqakum wa ma ta’malun” dan “inna kulla syai’in khalaqnahu bi qadar”, hn 5775, juz 9, hlm. 197.
[6] Ibid,.
bab qaulihi ta’ala “wallahu khalaqakum wa ma ta’malun” dan “inna kulla
syai’in khalaqnahu bi qadar”, hn 5776,
juz 9, hlm. 197.
[7] Abu al-Husain Muslim bin
al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi al-Naisaburi, Shahih Muslim (Beirut:
Dar al-Jail, t.th), bab la tadkhul al-malaikah faiatan fihi kalbun wa la
shurah, hn 5655, juz 6, hlm. 160.
[8] Al-Nasa’i, Ahmad bin Syu’aib
Abu ‘Abd al-Rahman, Sunan al-Nasa’i (Halb: Maktab al-Mathbu’at al-Islamiyah,
1986), bab dzikru ma yukalafu ashhab al-shuwar yaum al-qiyamah, hn 5361,
juz 8, hlm. 215.
[10] Muhammad bin Yazid Abu
Abdillah al-Qazwaini, Sunan Ibn Majah (Beirut: Dar al-Fikri, t.th), bab
al-shina’at, hn. 2151, juz 2, hlm. 728.
[11]Ahmad bin Muhammad bin
Hanbal bin Hilal bin Asad al-Syaibani, Musnad Ahmad bin Hanbal (Beirut:
‘Alim al-Kutub, 1998), Musnad ‘Abdullah bin ‘Umar, hn. 5767, juz 10,
hlm. 51.
[17]Malik bin Anas,
al-Muwaththa’ (Muassasah Zaid bin Sulthan Alu Nahyan, 2004), juz 6, hlm. 1407.
[18]Muhammad bin Hibban bin
Ahmad bin Abu Hatim al-Tamimi al-Busti, Shahih Ibn Hibban (Beirut:
Muassasah al-Risalah, 1993), bab al-Shuwar wa al-Mushawwirin, hn 5845, juz
13, hlm. 155.
[19] Al-Baihaqi, Abu Bakar
Ahmad bin Husain bin ‘Ali, Sunan al-Kubra wa fi Dzailihi al-Jawhar al-Naqi (Haidar
Abad: Majlis Dairah al-Ma’arif al-Nizhamiyah al-Kainah, 1344 H), bab al-Rajul yud’a
ila al-walimah wa fiha al-ma’shiyah nahahum wa in nahaw dzalika ‘anhu wa in lam
fa lam yajib, hn. 14331 dan bab al-mad’u yara fi al-mawdhi’ al-ladzi
yud’a fi shurah manshubah dzata arwah fa la yadkhul, hn. 14946, juz 7, hlm.
166.
[20] Al-Dzahabi, Syamsuddin
Muhammad bin Ahmad bin ‘Utsman, Tahdzib Siyar A’lam al-Nubala (Beirut:
Muassasah Al-Risalah, 1991) jilid 1, hlm. 54.
[21] Ibid,.
[22] Al-Mizzi,
Jamaluddin Abi al-Hajjaj Yusuf, Tahdzib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal (Beirut:
Muassasah al-Risalah), jilid 23, hlm. 427.
[23] Ibid,. Jilid 27,
hlm. 298.
[24] Al-Dzahabi, Syamsuddin
Muhammad bin Ahmad bin ‘Utsman, Tahdzib Siyar A’lam al-Nubala (Beirut:
Muassasah Al-Risalah, 1991) juz 1, hlm. 278.
[25] Al-Mizzi, Jamaluddin Abi
al-Hajjaj Yusuf, Tahdzib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal (Beirut: Muassasah
al-Risalah), jilid 26, hlm. 333.
[28] al-Ghazali, Muhammad. al-Sunnah al-Nabawiyah baina
Ahli al-Fiqh wa ahli al-Hadits, terj. Muhammad al-Baqir. Studi Kritis Atas
Hadits Nabi SAW. Bandung: Mizan. 1994, hlm 23
[30] Qaradhawi, Yusuf. Kaifa Nata’ammal ma’a al-Sunnah
al-Nabawiyah. tej. Muhammad al-Baqir. Bagaimana Memahami Hadits NabiSAW.
Bandung: Karisma. 1993. hlm. 33
[32] Wargadinata, Wildana dan Laily Fitriani, Sastra Arab dan Lintas Budaya, Malang: UIN Malang Press, 2008, hlm. 27
Komentar
Posting Komentar