Langsung ke konten utama

Takhrij Hadits tentang Azab Bagi Pembuat Lukisan

BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG

    Meneliti kebenaran suatu berita, merupakan bagian dari upaya membenarkan yang benar dan membatalkan yang batil. Kaum muslim sangat besar perhatiannya dalam segi ini, baik untuk penetapan suatu pengetahuan atau pengambilan suatu dalil. Terlebih jika hal itu berkaitan dengan riwayat hidup Nabi mereka atau ucapan dan perbuatan yang dinisbahkan kepada beliau.Hal ini merupakan langkah pertama dan upaya realistis yang harus dilakukan sebelum melakukan pemahaman dan kajian lebih lanjut.
    Adalah kewajiban kaum muslim untuk memahami hadits dengan semua ciri khas dan karekteristik yang komprehensif, saling melengkapi, seimbang dan penuh kemudahan. Kaum muslim juga harus memperhatikan dan berusaha memahami hadits Nabi dengan sebaik-baiknya dan berinteraksi dengannya dalam aspek hukum dan moral. Artinya, dalam pemahaman terhadap hadits, kontak dialogis antara nash dengan setting sosial budaya ketika hadits itu muncul harus dipahami. Langkah selanjutnya adalah bagaimana kita dapat mengkontekstualisasikannya pada masa kontemporer ini.
    Hadits tentang lukisan dan patung merupakan salah satu diskursus yang belum dapat dikatakan berkesudahan. Pemahaman tentang teks hadits sering kali dicukupkan pada kritik sanad dan sedikit pemahaman kebahasaan. Kenyataan semacam ini menyebabkan kesimpulan yang dirasa sangat terburu-buru. Pemahaman konteks yang melingkupi sejarah munculnya hadits sering diabaikan. Sehingga aktualisasi hadits menjadi hal yang mustahil dilakukan.
               Menyadari hal tersebut, penulis mencoba untuk menuangkan sedikit gagasan dan pengetahuan dalam upaya pemahaman hadits lukisan dan patung melalui pendekatan sosio-historis. Tulisan ini diharapkan dapat memberikan gagasan baru yang lebih komprehensif dalam pemahaman hadits tentang lukisan dan patung sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

B. RUMUSAN MASALAH
             Berangkat dari permasalahan diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana status hadits tentang membuat gambar/patung itu setelah takhrij?
  2. Bagaimana hukum membuat lukisan / patung ?


BAB II
PEMBAHASAN

A.       Takhrij Hadits Tentang Ancaman Bagi Pembuat Gambar / Patung.

Penelitian  takhrij dilakukan dengan menggunakan metode takhrih al-hadits bi al-lafzh. Menurut hasil pencarian, potongan hadits tesebut terdapat beberapa kitab hadits, akan tetapi peneliti hanya mengambil riwayat hadits yag berkenaan dengan tema di atas. Riwayat-riwayat tersebut terdapat di dalam kitab-kitab hadits antara lain;
1.    Shahih Bukhari, bab al-tijarah fi ma yukrahu labsuhu li al-rijal wa al-nisa, juz 3, hn (hadits nomor) 2105;  , bab hal yarji’u iza ra’a mungkaran fi al-da’wah, juz 7, hn. 5181; bab man kariha al-‘uqud ‘al al-shuwar, juz 7, nh. 5957; bab man lam yadkhul baitan fihi shurah, juz 7, hn. 5961; bab qawlihi ta’ala  (wa Allahu khalaqakum wa ma ta’malun) (inna kulli syai’in khalaqnahu bi qadar), juz 9, hn. 7557dan 7558.
2.    Shahih Muslim, bab la tadkhul al-malaikah fihi kalbun wa la shurah, juz 6, hn. 5655.
3.    Sunan al-Nasa’i al-Kubra, bab dzikru ma yukallafu ashhab al-shuwar yaum al-qiyamah, juz 8, hn. 5361 dan 5362.
4.    Sunan Ibnu Majah, bab al-shina’at, juz 2, hn. 2151.
5.    Musnad Ahmad, musnad ‘Abdullah bin ‘Umar, juz 10, hn. 5767; musnad ‘Abdullah bin ‘Umar, juz 10, hn. 6084; musnad ‘Aisyah binti al-Shiddiq, juz 40, hn 24417; juz 41, hn. 24510; juz 43, hn. 25869 dan juz 43, hn. 26090.
6.    Muwaththa’ Malik, bab ma ja’a fi al-shuwar wa al-tamatsil, juz 6, hn. 3547.
7.    Shahih Ibnu Hibban, bab al-shuwar wa al-mushawwirin, juz 13, hn. 5845.
8.    Sunan al-Kubra li al-Baihaqi, bab al-rajuli yud’a ila al-walimat fiha al-ma’shiyat nahahum fa in nahaw dzalika ‘anhu wa inla fa lam yajib, hn. 14331 dan bab al-mad’u yara fi al-mawdhi’ alladzi yd’a fi shurat manshubat dzata arwah fa la yadkhul, hn. 14946, juz 7.
Berikut ini dikemukakan secara lengkap teks hadits tersebut:          
صحيح البخاري. (ج 3\  ص 83)  باب التجارة فيما يكره لبسه للرجال والنساء. رقم: 2105
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أَنَّهَا أَخْبَرَتْهُ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ عَلَى الْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْهُ (يَدْخُلْ) فَعَرَفْتُ فِي وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ أَتُوبُ إِلَى اللهِ وَإِلَى رَسُولِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَاذَا أَذْنَبْتُ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ قُلْتُ اشْتَرَيْتُهَا لَكَ لِتَقْعُدَ عَلَيْهَا وَتَوَسَّدَهَا فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ (الصُّورَةِ) يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُعَذَّبُونَ فَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ وَقَالَ إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي فِيهِ الصُّوَرُ (هَذِهِ الصُّوَرُ) لَا تَدْخُلُهُ الْمَلَائِكَةُ[1]
صحيح البخاري. (ج 7\ ص 33) باب هَلْ يَرْجِعُ إِذَا رَأَى مُنْكَرًا فِي الدَّعْوَةِ. رقم: 5181
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ ، قَالَ : حَدَّثَنِي مَالِكٌ ، عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ ، عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهَا أَخْبَرَتْهُ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَامَ عَلَى الْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْ فَعَرَفْتُ فِي وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةَ ، فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللهِ أَتُوبُ إِلَى اللهِ وَإِلَى رَسُولِهِ مَاذَا أَذْنَبْتُ ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم مَا بَالُ هَذِهِ النِّمْرِقَةِ قَالَتْ فَقُلْتُ اشْتَرَيْتُهَا لَكَ لِتَقْعُدَ عَلَيْهَا وَتَوَسَّدَهَا ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ وَقَالَ إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي فِيهِ الصُّوَرُ لاَ تَدْخُلُهُ الْمَلاَئِكَةُ.[2]
صحيح البخاري. (ج 7\ ص216) باب من كره القعود على الصور.  رقم: 5957
حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ ، حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ ، عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ الْقَاسِمِ ، عَنْ عَائِشَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ، أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَقَامَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم بِالْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْ فَقُلْتُ أَتُوبُ إِلَى اللهِ مِمَّا أَذْنَبْتُ قَالَ مَا هَذِهِ النُّمْرُقَةُ قُلْتُ لِتَجْلِسَ عَلَيْهَا وَتَوَسَّدَهَا قَالَ إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ وَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لاَ تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ الصُّورَةُ.[3]
صحيح البخاري (ج 7\ ص 217) باب من لم يدخل بيتا فيه صورة. رقم: 5961
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْلَمَةَ ، عَنْ مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ ، عَنْ عَائِشَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ، زَوْجِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهَا أَخْبَرَتْهُ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَامَ عَلَى الْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْ فَعَرَفَتْ فِي وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةَ قَالَتْ يَا رَسُولَ اللهِ أَتُوبُ إِلَى اللهِ وَإِلَى رَسُولِهِ مَاذَا أَذْنَبْتُ قَالَ مَا بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ فَقَالَتِ اشْتَرَيْتُهَا لِتَقْعُدَ عَلَيْهَا وَتَوَسَّدَهَا ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ - وَقَالَ - إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي فِيهِ الصُّوَرُ لاَ تَدْخُلُهُ الْمَلاَئِكَةُ.[4]
صحيح البخاري (ج 9\ ص 197) باب قَوْلِ اللهِ تَعَالَى : {وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُونَ}. {إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ}. رقم: 7557
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ ، عَنْ عَائِشَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُم.[5]
صحيح البخاري (ج 9\ ص 197) باب قَوْلِ اللهِ تَعَالَى : {وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُونَ}. {إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ}.  رقم: 7558
حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ ، عَنْ أَيُّوبَ ، عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا ، قَالَ : قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ.[6]
صحيح مسلم ( ج6\ ص 160) باب لاَ تَدْخُلُ الْمَلاَئِكَةُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلاَ صُورَةٌ. رقم: 5655
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرَقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَامَ عَلَى الْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْ فَعَرَفْتُ أَوْ فَعُرِفَتْ فِى وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةُ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتُوبُ إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ فَمَاذَا أَذْنَبْتُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ ». فَقَالَتِ اشْتَرَيْتُهَا لَكَ تَقْعُدُ عَلَيْهَا وَتَوَسَّدُهَا.فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ وَيُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ ». ثُمَّ قَالَ « إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِى فِيهِ الصُّوَرُ لاَ تَدْخُلُهُ الْمَلاَئِكَةُ ».[7]
سنن النسائي الكبرى ( ج 8\ ص 215) ذكر ما يكلف أصحاب الصور يوم القيامة. رقم: 5361
أخبرنا قتيبة قال حدثنا حماد عن أيوب عن نافع عن بن عمر أن النبي صلى الله عليه و سلم قال : إن أصحاب هذه الصور الذين يصنعونها يعذبون يوم القيامة يقال لهم أحيوا ما خلقتم.[8]
سنن النسائي الكبرى ( ج 8\ ص 215) ذكر ما يكلف أصحاب الصور يوم القيامة. رقم: 5362
أخبرنا قتيبة قال حدثنا الليث عن نافع عن القاسم عن عائشة زوج النبي صلى الله عليه و سلم أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : إن أصحاب هذه الصور يعذبون يوم القيامة ويقال لهم أحيوا ما خلقتم[9]
سنن ابن ماجه (ج 2\ ص 728) باب الصناعات  رقم: 2151
 حدّثنا محمد بن رُمْحِ . حدثنا الليث بن سعد عن نافع عن القاسم بن محمد عن عائشة أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: - (إن أصحاب الصور يعذبون يوم القيامة . يقال لهم: أحيوا محمد خلقتم)[10]
مسند أحمد بن حنبل (ج 10\ ص 51) مسند عبد الله بن عمر. رقم: 5767
حَدَّثَنَا عَفَّانُ، حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ، حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ "، وَيُقَالُ  لَهُمْ:" أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ"[11]
مسند أحمد بن حنبل (ج 10\ ص 256) مسند عبد الله بن عمر. رقم: 6084
حَدَّثَنَا يُونُسُ، حَدَّثَنَا حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ أَصْحَابَ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَيُقَالُ لَهُمْ: أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ "[12]
مسند أحمد بن حنبل (ج 40\ ص479) مسند عائشة بنت الصديق. رقم: 24417
حَدَّثَنَا الْخُزَاعِيُّ، حَدَّثَنَا لَيْثٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ الْقَاسِمِ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، يُقَالُ لَهُمْ: أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ"[13]
مسند أحمد بن حنبل (ج 41\ ص56) مسند عائشة بنت الصديق. رقم: 24510
حَدَّثَنَا هَاشِمٌ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، قَالَ: حَدَّثَنِي نَافِعٌ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: " إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَيُقَالُ لَهُمْ: أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ "[14]
مسند أحمد بن حنبل (ج 43\ ص56) مسند عائشة بنت الصديق. رقم: 25869
حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا لَيْثٌ، قَالَ: حَدَّثَنِي نَافِعٌ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ " إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ "، وَيُقَالُ لَهُمْ: " أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ "[15]
مسند أحمد بن حنبل (ج 43\ ص198) مسند عائشة بنت الصديق. رقم: 26090
حَدَّثَنَا رَوْحٌ، حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّهَا أَخْبَرَتْهُ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ ، فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَامَ عَلَى الْبَابِ، فَلَمْ يَدْخُلْ، فَعَرَفْتُ فِي وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةَ، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَتُوبُ إِلَى اللهِ وَإِلَى رَسُولِهِ، مَا أَذْنَبْتُ ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَا بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ ؟ " فَقُلْتُ: اشْتَرَيْتُهَا لِتَقْعُدَ عَلَيْهَا وَلِتَوَسَّدَهَا، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّورِ يُعَذَّبُونَ بِهَا، يُقَالُ لَهُمْ: أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ " وَقَالَ: " إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي فِيهِ الصُّورَةُ  لَا تَدْخُلُهُ الْمَلَائِكَةُ "[16]
موطأ مالك ( ج 6\ ص 1407) بَاب مَا جَاءَ فِي الصُّوَرِ وَالتَّمَاثِيلِ. رقم: 3547
و حَدَّثَنِي مَالِك عَنْ نَافِعٍ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ عَلَى الْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْ فَعَرَفَتْ فِي وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةَ وَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتُوبُ إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ فَمَاذَا أَذْنَبْتُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَا بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ قَالَتْ اشْتَرَيْتُهَا لَكَ تَقْعُدُ عَلَيْهَا وَتَوَسَّدُهَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ ثُمَّ قَالَ إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي فِيهِ الصُّوَرُ لَا تَدْخُلُهُ الْمَلَائِكَةُ[17]
صحيح ابن حبان ( ج 13\ ص 155) باب الصور والمصورين. رقم: 5845
أخبرنا الحسين بن إدريس قال : أخبرنا أحمد بن أبي بكر عن ملك عن نافع عن القاسم بن محمد : عن عائشة أنها اشترت نمرقة فيها تصاوير فلما رآها رسول الله صلى الله عليه و سلم قام على الباب فلم يدخل فعرفت في وجهه الكراهية فقالت : يا رسول الله أتوب إلى الله وإلى رسوله فماذا أذنبت ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ( فما بال هذه النمرقة ) ؟ فقالت : اشتريتها لك تقعد عليها وتوسدها فقال : ( إن أصحاب هذه الصور يعذبون يوم القيامة فيقال لهم : أحيوا ما خلقتم ) ثم قال : ( إن البيت الذي فيه الصور لا تدخله الملائكة )[18]
سنن الكبري للبيهقي ( ج 7 \ ص 266) باب الرجل يدعى إلى الوليمة وفيها المعصية نهاهم فإن نحوا ذلك عنه وإلا لم يجب. رقم : 14331، باب الْمَدْعُوِّ يَرَى فِى الْمَوْضِعِ الَّذِى يُدْعَى فِيهِ صُوَرًا مَنْصُوبَةً ذَاتَ أَرْوَاحٍ فَلاَ يَدْخُلُ. رقم: 14946
اسْتِدْلاَلاً بِمَا أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِىِّ بْنِ زِيَادٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِى أُوَيْسٍ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا أَخْبَرَتْهُ : أَنَّهَا اشْتَرَتْ نُمْرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَامَ عَلَى الْبَابِ فَلَمْ يَدْخُلْ فَعَرَفَتْ فِى وَجْهِهِ الْكَرَاهِيَةَ فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتُوبُ إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ مَاذَا أَذْنَبْتُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- :« مَا بَالُ هَذِهِ النُّمْرُقَةِ ». فَقُلْتُ اشْتَرَيْتُهَا لَكَ لِتَقْعُدَ عَلَيْهَا وَتَوَسَّدَهَا فَقَالَ :« إِنَّ أَصْحَابَ هَذِهِ الصُّوَرِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُعَذَّبُونَ يُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ ». وَقَالَ :« إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِى فِيهِ الصُّوَرُ لاَ تَدْخُلُهُ الْمَلاَئِكَةُ ».[19]

            Mencermati beberapa hadits di atas, larangan membuat gambar di awali dengan cerita ‘Aisyah yang membelikan bantal kecil untuk Rasulullah dimana pada bantal tersebut terdapat sebuah gambar bernyawa yang menyebabkan raut wajah Rasulullah berubah karena tidak senang dengan gambar tersebut, lalu beliau bersabda bahwa orang yang membuat gambar tersebut akan diazab pada hari kiamat. Hadits inilah yang dijadikan salah satu alasan larangan membuat gambar/lukisan apapun yang bernyawa, seperti gambar manusia, binatang, burung dll.
            Kutipan hadits di atas diawali dengan حدثنا\ أخبرنا\ اخبرني. Yang menyatakan kata itu adalah para mukharrij sekaligus sebagai periwayat terakhir. Mereka adalah: imam Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Ahmad, Malik, Ibnu Majah, Ibnu Hibbah dan al-Baihaqi.
Lambang metode periwayatan yang dapat dicatat dari kutipan riwayat hadits tersebut adalah haddatsana/haddatsani, ‘an, akhbarana, qara’tu ‘ala, anna dan qala. Itu berarti, terdapat perbedaan metode periwayatan yang digunakan oleh periwayat dalam sanad hadits tersebut.






           
            Dari skema sanad hadits di atas, nampak bahwa pada:
    1.      Sanad hadits pada riwayat imam Bukhari yaitu dari:
a.    Abdullah bin Yusuf dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
b.    Ismail dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
c.    Hajjaj bin Minhal dari Juwairiyah dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
d.   Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
e.    Qutaibah bin Sa’id dari al-Laits dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
f.     Abu al-Nu’man dari Hammad bin Zaid dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar
   2.      Sanad hadits pada riwayat imam Muslim yaitu, dari Yahya bin Yahya dari Malik dari Nafi’ dari al-     Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
    3.      Sanad hadits pada riwaya al-Nasa’i yaitu dari
a.    Qutaibah dari Hammad dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar.
b.    Qutaibah bin Sa’id dari al-Laits dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
    4.      Sanad hadits pada riwayat Ibnu Majah yaitu Muhammad bin Rumh, dari al-Laits bin Sa’d dari Nafi’ dari al-Qasim dari ‘Aisyah.
    5.      Sanad hadits pada riwayat Ahmad yaitu dari:
a.    ‘Affan dari Wuhaib dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar
b.    Yunus dari Hammad bin Zaid dari Ayyub dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar
c.    Al-khuza’i dari Laits dari Nafi’ dari al-Qasim dari ‘Aisyah
d.   Hasyim dari al-Laits dari Nafi’ dari al-Qasim dari ‘Aisyah
e.    Hajjaj  dari Laits dari Nafi’ dari al-Qasim dari ‘Aisyah
f.     Rauh dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim dari ‘Aisyah
    6.      Sanad hadits pada riwayat Malik yaitu Nafi’ dari al-Qasim dari ‘Aisyah
    7.      Sanad hadits pada riwayat Ibnu Hibban yaitu dari Husain bin Idris dari Ahmad bin Abi Bakar dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah
   8.      Sanad hadits pada riwayat al-Baihaqi yaitu dari Abu ‘Abdillah al-hafizh dari Abu Bakar bin Ishak dari Hasan bin ‘Ali bin Ziyad dari Ibnu Abi uwais dari Malik dari Nafi’ dari al-Qasim bin Muhammad dari ‘Aisyah.
Sanad dari delapan mukharrij tersebut melalui 19 jalur sanad yang semuanya bertemu pada Nafi’. Jika diperhatikan skema hadits di atas tampak bahwa hadits tersebut segi kuantitas (jumlah periwayat) berstatus hadits ahad, dan termasuk dalam golongan hadits gharib, karena pada thabaqah pertengahan tabi’in masing-masing hanya terdapat satu orang perawi.

Kaedah Keshahihan Sanad
Dalam kaedah keshahihan sanad ini dilakukan dengan memilih salah satu jalur sanad riwayat imam Bukhari dengan pertimbangan bahwa kualitas hadits pada kitab Shahih Bukhari menduduki rengking pertama dari semua kitab-kitab hadits.
     1.      ‘Aisyah ra.
            Nama lengkap: ‘Aisyah binti al-Imam al-Shiddiq al-Akbar Khalifah Rasulullah Abu Bakar bin Abi Quhafah ‘Utsman bin ‘Amir bin ‘Amr bin Ka’b bin Sa’d bin Taim bin Murrah bin Ka’b bin Lu’ai al-Qurasyi al-Taimiyyah al-Makkiyah al-Nabawiyyah Ummul Mukminin istri Nabi saw[20].
            Beliau adalah wanita yang paling faqih, paham agama dan adab. Kunyahnya Ummu ‘Abdullah, dinikahi oleh Rasulullah pada tahun ke dua Hijriyah. Beliau juga adalah wanita yang paling dicintai oleh Rasul serta yang wanita yang paling banyak meriwayatkan hadits.[21] 
      2.      Qasim bin Muhammad
a.       Nama lengkap: al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar al-Shiddiq al-Qurasyi al-Taimi, Abu Muhammad atau Abu Abd al-Rahman al-Madani.[22]
b.      Guru-gurunya, antara lain ‘Aisyah, Mu’awiyah bin Abi Sufyan, Abu Hurairah, Abdullah bin’Umar bin Khaththab dan Abdullah bin ‘Abbas.
c.       Murid-muridnya, antara lain Nafi’, Ja’far bin Muhammad al-Shadiq, Sulaiman bin Musa, Malik bin Dinar dan Abu ‘Utsman al-Anshari.
d.      Komentar para kritikus.
1)      Muhammad bin Sa’ad berkata: ibunya bernama Saudah, beliu seorang yang tsiqah, memiliki kedudukan yang tinggi, ‘alim, faqih, imam, wara’ dan banyak meriwayatkan hadits.
2)      Yahya bin Sa’id berkata: kami tidak menjumpai seseorang di Madinah yang lebih utama dari Qasim.
3)      Sulaiman bin Harb meriwayatkan dari Wahib, ia mendengar Ayyub berbicara tentang Qasim bin Muhammad lalu berkata: saya tidak pernah menjumpai seseorang yang labih utama darinya.
4)      Ibnu Hajar berkata: dia adalah tsiqah  
                        Dari komentar para kritikus di atas pada umumnya memberikan pujian bahkan pujian yang tinggi, sehingga dapat dinyatakan termasuk periwayat kepercayaan (tsiqah atau ‘adil dan dhabit), demikian juga dari segi hubungan guru dan murid dapat dinyatakan ia bertemu dengan gurunya ‘Aisyah walaupun dalam meriwayatkan menggunakan lambang ‘an.
3.      Nafi’
a.       Nama lengkap: Nafi’ Abu Abdullah al-Madani, konon ia berasal dari Maghrib ada juga yang mengatakan dari Naisabur. Ia adalah budak Abdullah bin ‘Umar bin al-Kaththab al-Qurasyi. [23]
b.      Guru-gurunya antara lain Qasim bin Muhammad, Abu Sa’id al-Khudri, Mughirah bin Hakim al-Shan’ani, Abdullah bin ‘Umar.
c.       Murid-muridnya antara lain, Sa’id bin Maimun, Abdullah bin Dinar, Abdullah bin Nafi’ (putranya) dan Malik bin Anas.
d.      Komentar para kritikus.
1)      Al-Nasa’i mengatakan: ia tsiqah
2)      Ibnu Syahin menyebutkan dalam kitabnya al-Tsiqat: Ahmad bin Shalih al-Mishri berkata, Nafi’ adalah seolah hafizh lagi tsabit.
3)      Nu’aim bin Hammad meriwatkan dari Sufyan bin ‘Uyainah, ia mendengar ‘Ubaidillah bin ‘Umar berkata: sungguh Allah telah memberikan karunia  kepada kita dengan hadirnya Nafi’.
4)      Muhammad bin Sa’id menyebutkannya dalam Thabaqat al-Tsalits min Ahli al-Madinah dan berkata: ia adalah seorang yang tsiqah lagi banyak meriwayatkan hadits.
5)      Ibnu Hajar menyebutkan: dia seorang yang tsiqah, tsabit, faqih dan sangat terkenal
6)      Al-Zahabi: ia termasuk imam generasi tabi’in serta orang yang paling ‘alim.  
            Para kritikus di atas memberikan pujian bahkan pujian yang tinggi, sehingga dapat dinyatakan termasuk periwayat kepercayaan (tsiqah atau ‘adil dan dhabit), demikian juga dari segi hubungan guru dapat dinyatakan ia bertemu dengan gurunya Qasim bin Muhammad walaupun dalam meriwayatkan menggunakan lambang ‘an.
      4.      Malik bin Anas
a.    Nama lengkapnya syaikhul islam hujjat al-ummah imam dar al-hijrah Abu ‘Abdillah Malik bin Anas bin Malik bin Abi ‘Amir bin ‘Amr bin Harits bin Ghaiman bin Khutsail bin Harits al-Ashbahi al-Humairi al-Madani al-Faqih.[24]
b.    Guru-gurunya antara lain, Nafi’, ‘Aisyah binti Sa’id bin Abi Waqqash, Ja’far bin Muhammad al-Shadiq dan ‘Abdullah bin Dinar.
c.    Murid-muridnya antara lain, ‘Abdullah bin yusuf al-Tunisi, Ismail bin ‘Ilyah, Sufayan al-Tsauri, Sufyan bin ‘Uyainah dan Muhammad bin Idris al-Syafi’i
d.   Komentar para kritikus
1)        Harb bin Isma’il pernah bertanya kepada Ahmad bin Hanbal: siapakah yang paling shahih haditsnya dari al-Zuhri dan Sufyan bin ‘Uyainah, ia (Ahmad) menjawab: Malik yang lebih shahih haditsnya
2)        Yahya bin Ma’in berkata: dia tsiqah
3)        Ibnu Hajar: dia adalah imamnya penduduk dar al-hijrah (Madinah), pemimpinnya orang-orang yang mutqin (kuat hafalannya), pembesar orang-orang yang mutsbit sehingga imam Bukhari pernah berkata: sanad hadits yang paling shahih adalah Malik dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar.
            Para kritikus di atas memberikan pujian bahkan pujian yang tinggi, sehingga dapat dinyatakan termasuk periwayat kepercayaan (tsiqah atau ‘adil dan dhabit), demikian juga dari segi hubungan guru dapat dinyatakan ia bertemu dengan gurunya Nafi’  walaupun dalam meriwayatkan menggunakan lambang ‘an.

       5.      Abdullah bin Yusuf
a.    Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Yusuf al-Tunisi Abu Muhammad al-Kila’i al-Mishri. Beliau berasal dari Damaskus kemudian tinggal di Tunisia[25]
b.    Guru-gurunya antara lain, Ismail bin ‘Ilyah, Malik bin Anas, al-Laist bin Sa’ad, Abdullah bin Wahb dan ‘Abdullah bin Luhai’ah
c.    Murid-muridnya antara lain, al-Bukhari, Yahya bin Ma’in dan Ismail bin ‘Abdullah al-Ashbahani.
d.   Komentar para kritikus
1)   Abu Bakar bin Khuzaimah berkata, saya mendengar Nashr bin Marzuq berkata, saya mendengar Yahya bin Said berkata ketika aku bertanya kepadanya tentang para perawi dalam kitab al-Muwaththa’ dari Malik lalu ia berkata, orang yang paling mutsbit dala kitab al-Muwaththa adalah Abdullah bin Maslamah kemudian setelah Abdullah bin Yusuf al-Tunisi.
2)   Ahmad bin Abdullah al-‘Ijli berkata: dia itsiqah
3)   Al-Bukhari berkata: dia adalah di antara orang Syam yang paling mutsbit
4)   Ibnu Hajar: dia tsiqah, mutqin dan perawi yang paling mutsbit dalam kitab al-muwaththa’.
                        Para kritikus di atas memberikan pujian bahkan pujian yang tinggi, sehingga dapat dinyatakan termasuk periwayat kepercayaan (tsiqah atau ‘adil dan dhabit), demikian juga dari segi hubungan guru dapat dinyatakan ia bertemu dengan gurunya Malik bin Anas bahkan dalam meriwayatkan menggunakan lambang akhbarana.

        6.      Imam al-Bukhari
a.    Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah al-Ju’fi Abu Abdullah al-Bukhari al-Hafizh[26]
b.    Guru-gurunya antara lain, Ahmad bin Hanbal, Sulaiman bin Harb, ‘Abdullah bin Yusuf al-Tunisi, ‘Ali bin al-Madini dan Qutaibah bin Said
c.    Murid-muridnya antara lain, al-Tirmidzi, Abu Zur’ah al-Razi, Abu Hatim al-Razi, Ibnu Khuzaimah dan Muslim bin al-Hajjaj.

            Dengan melihat para perawi yang terdapat pada sanad hadits riwayat Bukhari tersebut, baik dari ketersambungannya antara guru dengan murid maupun dari ke-adil-an dan ke-dhabit-annya, maka dapat dinyatakan bahwa sanad hadits tersebut adalah muttashil (bersambung) dan para periwayatnya adalah orang-orang kepercayaan. Dengan begitu maka sanad hadits tersebut dihukumi shahih li dztihi.

B.           Hukum membuat gambar.
1.      Kondisi Islam Arab, sebuah perjumpaan.
            Sebelum Islam datang, bangsa Arab telah menganut agama yang mengakui Allah sebagai Tuhan mereka. Kepercayaan ini diwarisi turun-menurun sejak nabi Ibrahim dan Ismail. Al-Qur’an menyebutnya dengan Hanif, yaitu kepercayaan yang mengakui ke-Esaan Allah sebagai pencipta alam, Tuhan menghidupkan dan mematikan, Tuhan yang member rizki dan sebagainya. Kepercayaan terhadap Allah tersebut tetap diyakini oleh bangsa Arab samapai kerasulan Muhammad SAW. Hanya saja keyakinan itu dicampuradukan dengan tahayyul dan kemusyrikan, menyekutukan Tuhan dengan sesuatu dalam penyembaan kepada-Nya, seperti jin, roh, hantu, bulan, matahari, tumbuh-tumbuhan, berhala dan sebagainya. Kepercayaan yang menyimpang dari agama Hanif  itu disebut agama Watsaniyah.
            Watsaniyah, yaitu agama yang memperserikatkan Allah dengan mengadakan penyembahan kepada: Aushab (batu yang belum memiliki bentuk), Autsan (patung yang dibuat dari batu) dan Ashaam (patung yang terbuat dari kayu, emas, perak, logam dan semua patung yang tidak terbuat dari batu). Penyimpangan itu terjadi perlahan-lahan. Mereka menyatakan berhala-berhala itu sebagai perantara terhadap Allah. Allah tetap diyakini sebagai yang Maha Agung. Tetapi antara Tuhan dan makhlukNya dirasakan ada jarak yang mengantarinya. Berhala-berhala berlambang malaikat, putara-putra Tuhan. Berhala menjadi kiblat atau penentu arah dalam penyembahan dan peribadatan. Berhala diyakini sebagai tempat bersemayamnya roh nenek moyang mereka yang harus dihormati dan dipuja. Demikian juga diantara mereka ada yang mempertuhankan binatang-binatang dan tumbuh-tumbuhan sebagai anasir yang memberi pengaruh terhadap alam semesta dan kehidupan manusia.[27]
            Kondisi semacam ini terus berlangsung dan berkelanjutan hingga kehadiran Muhammad putra Abdullah. Nabi yang dijanjikan tersebut datang untuk membersihkan syirik yang telah mengakar pada keyakinan mereka dan mengembalikannya kepada garis tauhid. Kerasulan Muhammad SAW dengan misi tauhid tersebut harus dihadapkan pada kondisi masyarakat Arab yang telah kental dengan berhala, patung, lukisan dan segala macam objek ritual-relegious dengan wajah syirik dan penyimpangan. Beberapa masyarakat Arab telah mahir melukis, memahat dan segala macam usaha demi menciptakan sesembahan yang diinginkan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menjadikannya sebagai punggung pendapatan sehari-hari mengingat banyaknya order dari para masyarakat. Sebuah cerita menggelitik datang dari al-Qurthubi bahwa ia menceritakan: 
وَذَكَرَ الْقُرْطُبِيّ أَنَّ أَهْل الْجَاهِلِيَّة كَانُوا يَعْمَلُونَ الْأَصْنَام مِنْ كُلّ شَيْء حَتَّى أَنَّ بَعْضهمْ عَمِلَ صَنَمه مِنْ عَجْوَة ثُمَّ جَاعَ فَأَكَلَهُ. 
“ al-Qurthubi menyebutkan bahwa sesungguhnya orang jahiliyyah adalah mereka yang membuat berhala-berhala, bahkan sebagaian dari mereka membuat berhalanya dari roti kemudian ketika ia lapar maka ia memakannya”.
            Tampak bahwa masyarakat arab pada waktu itu sedang terjangkit virus syirik yang telah melembaga dan membudaya. Nabi, dengan inspirasi wahyu mencoba dan berusaha menjauhkan mereka dari kegiatan keji tak berdasar itu. Bukan hal yang mudah memang, akan tetapi sedikit demi sedikit orang-orang “lulusan” syirik arab mulai menerima ajakan adan ajaran Muhammad SAW. Ajaran tauhid yang menetapkan ke-Esaan Allah tidak serta merta mereka pahami dan yakini. Terlebih, banyak diantara musyrik arab yang terus melanjutkan peninggalan nenek moyang itu. Sebagai Nabi, merupakan tugas utama bahkan sebuah kewajiban untuk menghindarkan umatnya dari belenggu penyimpangan dan keingkaran. Perjumpaan seperti inilah yang terjadi diantara Nabi, umat muslim, dan para musyrik arab.
2.    Urgentisitas pelarangan pembuatan lukisan dan patung.
             Hadist yang menyebutkan bahwa “sesungguhnya manusia yang paling keras diadzab pada hari kiamat ialah pembuat sesuatu rupa” dan beberapa hadis lain yang menyebutkan larangan melukis, secara redaksional menegaskan larangan berbagai bentuk lukisan dan seni pahat (patung). Jika kita terburu-buru dan hanya memaknai hadis tersebut secara tekstual, maka larangan lukisan dan patung akan menjadi sebuah keharaman mutlak yang berlaku kapan dan dimanapun itu. Akan tetapi, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komperhnensif alangkah baiknya jika kita menelisik kembali sejarah dan dalam konteks bagaimana hadis itu disabdakan.
             Beranjak dari setting sosio-historis masyarakat arab pada waktu itu, ternyata umat Islam belum lama sembuh dari penyakit-penyakit syirik yakni menyekutukan Allah dengan menyembah berhala,  patung dan sebagainya. Dalam kapasitasnya sebagai rasul. Nabi SAW berusaha keras agar masyarakat umat Islam waktu itu benar-benar sembuh dari kemusyrikan tersebut. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mengeluarkan fatwa larangan melukis, memproduksi, atau memajang lukisan atau berhala (patung). Bahkan disertai dengan ancaman yang sangat keras. Imam al-Thabari mengatakan: yang dimaksud dengan lukisan (patung) pada hadis ini adalah segala sesuatu yang diciptakan untuk  disembah. Dengan demikian, larangan adanya lukisan atau patung tidak terlepas dari wujud penghambaan dan pengkultusan terhadapnya. Meski umat Islam telah menadapkan ajaran tauhid, Nabi tetap merasa khawatir terhadap umatnya jika dibiarkan membuat dan memampang patung. kondisi semacam ini sesuai dengan sabab wurud hadis ini.[28]
             Tentu, konsekuensinya adalah adanya perhatian khusus dari Nabi tentang masalah lukisan dan patung. Tidak semua lukisan pastinya, perhatian Nabi terhadap larangan melukis atau memahat patung terfokuskan pada pola-pola yang berpotensi dijadikan sesembahan. Oleh karena itu, dalam hadis lain disebutkan:
حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الَّذِينَ يَصْنَعُونَ هَذِهِ الصُّوَرَ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُقَالُ لَهُمْ أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ
            Dalam memahami hadis diatas, Ibnu Abbas berkata: “gambar atau patung yang termasuk dilarang terkhususkan pada gambar-gambar yang seakan mempunyai ruh, maka tidak dilarang untuk gambar-gambar yang tidak mempunyai ruh seperti pepohonan.” Selain itu, bentuk ataupun posisi gambar yang memungkinkan untuk dijadikan sesembahan juga tidak luput dari perhatian nabi. Nabi melarang gambar-gambar terpampang berdiri yang memberikan kesempatan untuk memuja. Dijelaskan pada hadis riwayat ‘Aisyah:[29]
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ الْقَاسِمِ وَمَا بِالْمَدِينَةِ يَوْمَئِذٍ أَفْضَلُ مِنْهُ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي قَالَ سَمِعْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ سَفَرٍ وَقَدْ سَتَرْتُ بِقِرَامٍ لِي عَلَى سَهْوَةٍ لِي فِيهَا تَمَاثِيلُ فَلَمَّا رَآهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَتَكَهُ وَقَالَ أَشَدُّ النَّاسِ عَذَابًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ الَّذِينَ يُضَاهُونَ بِخَلْقِ اللَّهِ قَالَتْ فَجَعَلْنَاهُ وِسَادَةً أَوْ وِسَادَتَيْنِ
             Sekali lagi, rangkaian hadis ini menegaskan bahwa salah satu alasan dilarangnya gambar dan patung adalah antisipasi nabi terhadap umat agar tidak terjangkit virus lama yaitu syirik. Pemahaman seperti ini juga ditegaskan oleh Abu Ali al-Farisi dalam kitabnya al-Tadzkirah, bahwa pelukis (pembuat patung) yang diancam oleh Nabi adalah orang-orang yang meyakini bahwa Allah mempunyai bentuk ( يعتقدون أن لله صورة). Kemudian, alasan siksaan yang begitu besar bagi pelukis atau pembuat patung menurut al-Khattabi adalah, bahwa patung yang dibuat dijadikan Tuhan yang disembah selain Allah. [30]
             Selain problem syirik, larangan gambar dan patung juga mempunyai hubungan yang erat dengan kondisi muslim disaat melaksanakan ritul-relegious, seperti shalat dan sebagainya. Tidak dapat dipungkiri, sebuah gambar ataupun patung mempunyai daya tarik tersendiri bagi pandangan. Nilai estetika yang terkandung, terkadang mengganggu kesakralan peribadatan. Maka, merupakan sebuah keniscayaan jika Nabi memerintahkan agar gambar ataupun patung segera disingkirkan ketika beliau melaksanakan shalat. Dalam hadis dijelaskan: 
حَدَّثَنَا عِمْرَانُ بْنُ مَيْسَرَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ قِرَامٌ لِعَائِشَةَ سَتَرَتْ بِهِ جَانِبَ بَيْتِهَا فَقَالَ لَهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمِيطِي عَنِّي فَإِنَّهُ لَا تَزَالُ تَصَاوِيرُهُ تَعْرِضُ لِي فِي صَلَاتِي
             Jika demikian, maka larangan lukisan atau patung pada saat itu sangatlah dibutuhkan bahkan merupakan suatu blunder jika umat tidak disabdakan demikian. Persoalannya, jika kondisi masyarakat sudah berubah, dimana masyarakat sudah mencapai pada pemikiran posifistik- meminjam istilah Agust Comte- yang kemungkinan besar tidak lagi dikhawatirkan terjerumus dalam penyembahan terhadap lukisan dan patung. apakah kemudian membuat dan memajang lukisan masih tetap dilarang? Hemat penulis, sebagaimana tujuan pelarangan, maka larangan tersebut hanya bersifat sad al-Dzari’ah (langkah antisipatif) agar masyarakat tidak kembali terprosok kepada kemusyrikan, terutama terhadap lukisan dan patung. sedang untuk zaman sekarang, tampaknya kurang relevan lagi untuk melarang seseorang melukis, berkreasi seni sebab hal itu merupakan hasil ekspresi kejiwaan seorang palukis tanpa bermaksud mempertuhankannya. Akan tetapi, jika dibenak pelukis terdapat secuil niat untuk menjadikannya sesembahan maka hukum asal tetap berlaku baginya.[31]
3.      Persepsi Masyarakat Terhadap Hadis
             Masyarakat kita berbeda-beda dalam menanggapi hadis seputar larangan lukisan dan patung. Mereka memiliki pemahaman dan argumenti masing-masing. Kelompok pertama, melarang keras segala rupa patung dan gambar dengan alasan patung dan gambar dapat menjadi sarana kesyirikan, karena awal mula dari kesyirikan dan kekufuran adalah adanya pemujaan terhadap patung dan berhala. Selain itu terdapat hadis yang menyatakan dengan jelas larangan menciptakan sesuatu yang menyerupai ciptaan Allah. Kelompok kedua, membolehkan pembuatan lukisan dan patung karena di masa sekarang, dimana tauhid telah melekat dalam  jiwa umat Islam dan tidak dikhawatirkan lagi terjadi syirik disebabkan patung-patung tersebut. Kelompok ketiga, membolehkan patung dan lukisan  hanya pada benda-benda tertentu. Yaitu, pada makhluk yang tidak bernyawa atau  pada makhluk bernyawa yang tidak disempurnakan bentuknya.[32]
4.      Respon Muslim Indonesia terhadap Larangan Lukisan dan Patung.
              Sebelum Islam datang ke wilayah Indonesia, masyarakat kita pun telah mempercayai adanya kekuatan “di luar” kekuatan manusia. Kepercayaan mereka dikenal dengan sebutan Animisme (kepercayaan terhadap ruh-ruh yang memiliki kekuatan gaib) dan Dinamisme (kepercayaan terhadap benda-benda yang dianggap memiliki kekuatan karena ditempati atau merupakan perwujudan dari ruh). Ruh-ruh tersebut dapat melekat pada benda-benda alam seperti batu-batu besar, pohon, danau, dan lain sebagainya. Agar ruh-ruh tersebut dapat memberikan berkah serta kesejahteraan bagi manusia, memberikan kesuburan tanah untuk bercocok tanam, dan berkembangnya hewan-hewan ternak mereka, maka diadakan upacara-upacara khusus disertai dengan sesaji. Hal ini bisa dilihat dengan adanya bangunan-bangunan batu besar di masyarakat sekitar kita. Bangunan tersebut digunakan sebagai sarana penghormatan dan pemujaan terhadap arwah nenek moyang. [33]
             Upacara pemujaan ini masih tetap berlangsung sampai akhirnya Islam tersebar di nusantara. Namun, budaya masyarakat yang telah melekat sedemikian lama tentu tidak serta merta bisa dihapuskan begitu saja. Karena Islam datang dengan kedamaian, budaya masyaraat kita tidak seluruhnya dihapuskan oleh para ulama’ yang menyebarkan agama melainkan diimbangi dengan ritual-ritual islami. Dengan harapan, agar masyarakat lebih cepat menerima ajaran Islam. Salah satu contohnya adalah wayang yang dibawa oleh Sunan Kalijaga. karena pada waktu itu masyarakat masih mengagumi patung-patung, maka Sunan Kalijaga menjadikan wayang sebagi media dakwah Islam. Dan keberhasilan  beliau terbukti dengan  tersebar luasnya Islam di tanah Jawa.
             Sunan Kalijaga bukanlah satu-satunya muslim Indonesia yang mencoba memahami Islam khususnya hadis dan berdakwa  sesuai kultur sosio-historis masyarakat Indonesia. Dengan  menanamkan nilai-nilai Islam terhadap budaya yang telah ada, wayang Sunan Kalijaga mampu membuat  nuansa Islam sebagai agama yang menarik, mudah dicerna, dan menjadi rahmatan li al-alamin khususnya Indonesia. Seharusnya, bagi generasi setelahnya, melanjutkan dakwah seperti itulah yang harus terus dilaksanakan.[34]


BAB III
P E N U T U P
A.    KESIMPULAN
             Dari pembahasan makalah diatas, maka penulis menyimpulkan bahwa :
1.   Setelah diadakan pentakhrijan hadits tentang membuat gambar / patung maka dapat diketahui bahwa hadits tersebut shahih li dzatih.
2.  Dengan menggunakan pendekatan sosio-historis, paling tidak hadits tentang ancaman larangan bagi pelukis dan lukisan (pemahat dan patung) mempunyai beberapa poin penting yang harus diperhatikan, diantaranya:
a.    Dalam konteks umat Islam  saat itu, sabda Nabi tersebut merupakan sebuah hal yang mendesak dan  mempunyai tujuan yang sangat penting, yaitu antisipasi Nabi terhadap umat agar tidak kembali kepada kesyirikan khususnya menyembah lukisan dan patung.
b.   Untuk zaman sekarang, tampaknya kurang relevan lagi untuk melarang seseorang melukis, berkreasi seni sebab hal itu merupakan hasil ekspresi kejiwaan seorang palukis tanpa bermaksud mempertuhankannya. Akan tetapi, jika dibenak pelukis terdapat secuil niat untuk menjadikannya sesembahan maka hukum asal tetap berlaku baginya.
3. Bagi Muslim Indonesia, pemaknaan secara kontekstual, sebagaimana yang telah dilakukan Wali Songo harus dilanjutkan. Jika seni lukis dan seni pahat (patung) dapat dijadikan media dakwah atau minimal tidak mengantarkan pada kesyirikan, maka tidak ada salahnya mengekspresikan kesenian tersebut di tengah muslim Indonesia.


Daftar Pustaka

Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi al-Naisaburi, Shahih Muslim, Beirut: Dar al-Jail, t.th.
Al-Nasa’i, Ahmad bin Syu’aib Abu ‘Abd al-Rahman, Sunan al-Nasa’I, Halb: Maktab al-Mathbu’at al-Islamiyah, 1986.

          Muhammad bin Yazid Abu Abdillah al-Qazwaini, Sunan Ibn Majah, Beirut: Dar al-Fikri, t.th.

           Al-Bukhari, Abu ‘Abdilllah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mugirah, Shahih al-Bukhari, Kairo: Dar al-Sya’b, 1987

          Al-Baihaqi, Abu Bakar Ahmad bin Husain bin ‘Ali, Sunan al-Kubra wa fi Dzailihi al-Jawhar al-Naqi, Haidar Abad: Majlis Dairah al-Ma’arif al-Nizhamiyah al-Kainah, 1344 H.

           Ash Shiddieqy, T.M. Hasbi, Koleksi Hadis-Hadis Hukum, Bandung: al Ma’arif, 1976.

            Al-Husaini, Ibnu Hamzah al-Dimsyaqi, al-Bayan wa al-Ta’rif fi Asbab Wurud al-Hadis al-Syarif, Beirut: al-Maktabah al-Ilmiyyah, tt.

          Wargadinata, Wildana dan Laily Fitriani, Sastra Arab dan Lintas Budaya, Malang: UIN Malang Press, 2008.

           Bukhari, Imam, Shahih Bukhari, CD ROM Mausu’ah al Hadis al Syarif Global Islamic Software.

           Al-Asqalany, Ibnu Hajar, Fathu al-Bary fi Syarh Shahih Bukhari, CD ROM al-Maktabah al-Syamilah.

         Muhammad Abdurrahman bin Abdirrahim, Tuhfadh al-Afwadzi bi Syarkh Jami’at al-Tirmidzi, CD RoM al-Maktabah al-Syamilah.

          Al-Ghazali, Muhammad, al-Sunnah al-Nabawiyah baina Ahli al-Fiqh wa ahli al-Hadits, terj. Muhammad al-Baqir, Studi Kritis Atas Hadits Nabi SAW, Bandung: Mizan. 1994

         Qaradhawi, Yusuf, Kaifa Nata’ammal ma’a al-Sunnah al-Nabawiyah, tej. Muhammad al-Baqir, Bagaimana Memahami Hadits Nabi SAW, Bandung: Karisma. 1993.

         Zuhri, Muhammad, Tela’ah Matan Hadits, Yogyakarta: LESFI. 2003.

          www.hanif_muhtadin.com di 10:50
 
           Al-Dzahabi, Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin ‘Utsman, Tahdzib Siyar A’lam al-Nubala (Beirut: Muassasah Al-Risalah, 1991) juz 1

           Al-Mizzi, Jamaluddin Abi al-Hajjaj Yusuf, Tahdzib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal (Beirut: Muassasah al-Risalah), jilid 26


[1]Al-Bukhari, Abu ‘Abdilllah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mugirah, Shahih al-Bukhari (Kairo: Dar al-Sya’b, 1987), bab man lam yadkhul baitan fihi shurat, hn. 5961, juz 3, hlm. 2105. CD al-Maktabah al-Syamilah. Versi 3.28.
[2]Ibid,. bab hal yarji’u idza ra’a munkaran fi al-da’wah, hn. 5171, juz 7, hlm. 33  
[3]Ibid,. bab man kariha al-’uqud ‘ala al-shuwar, hn. 5957, juz 7, hlm. 219.
[4]Ibid,. bab man lam yadkhul baitan fihi shurah, hn 5961, juz 7, hlm. 217.
[5]Ibid,. bab qaulihi ta’ala “wallahu khalaqakum wa ma ta’malun” dan “inna kulla syai’in khalaqnahu bi qadar”,  hn 5775, juz 9, hlm. 197.
[6] Ibid,. bab qaulihi ta’ala “wallahu khalaqakum wa ma ta’malun” dan “inna kulla syai’in khalaqnahu bi qadar”,  hn 5776, juz 9, hlm. 197.
[7] Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi al-Naisaburi, Shahih Muslim (Beirut: Dar al-Jail, t.th), bab la tadkhul al-malaikah faiatan fihi kalbun wa la shurah, hn 5655, juz 6, hlm. 160.
[8] Al-Nasa’i, Ahmad bin Syu’aib Abu ‘Abd al-Rahman, Sunan al-Nasa’i (Halb: Maktab al-Mathbu’at al-Islamiyah, 1986), bab dzikru ma yukalafu ashhab al-shuwar yaum al-qiyamah, hn 5361, juz 8, hlm. 215.
[9] Ibid,. bab dzikru ma yukalafu ashhab al-shuwar yaum al-qiyamah, hn 5362, juz 8, hlm. 215.
[10] Muhammad bin Yazid Abu Abdillah al-Qazwaini, Sunan Ibn Majah (Beirut: Dar al-Fikri, t.th), bab al-shina’at, hn. 2151, juz 2, hlm. 728.
[11]Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal bin Asad al-Syaibani, Musnad Ahmad bin Hanbal (Beirut: ‘Alim al-Kutub, 1998), Musnad ‘Abdullah bin ‘Umar, hn. 5767, juz 10, hlm. 51.
[12]Ibid,. Musnad ‘Abdullah bin ‘Umar, hn. 6074, juz 10, hlm.256.
[13]Ibid,. Musnad ‘Aisyah al-Shiddiq, hn. 24417, juz 40, hlm. 479.
[14]Ibid,. Musnad ‘Aisyah al-Shiddiq, hn. 24510, juz 41, hlm. 56.
[15]Ibid,. Musnad ‘Aisyah al-Shiddiq, hn. 25869, juz 43, hlm. 56.
[16] Ibid,. Musnad ‘Aisyah al-Shiddiq, hn. 26090, juz 43, hlm. 198.
[17]Malik bin Anas, al-Muwaththa’ (Muassasah Zaid bin Sulthan Alu Nahyan, 2004), juz 6, hlm. 1407.
[18]Muhammad bin Hibban bin Ahmad bin Abu Hatim al-Tamimi al-Busti, Shahih Ibn Hibban (Beirut: Muassasah al-Risalah, 1993), bab al-Shuwar wa al-Mushawwirin, hn 5845, juz 13, hlm. 155.
[19] Al-Baihaqi, Abu Bakar Ahmad bin Husain bin ‘Ali, Sunan al-Kubra wa fi Dzailihi al-Jawhar al-Naqi (Haidar Abad: Majlis Dairah al-Ma’arif al-Nizhamiyah al-Kainah, 1344 H), bab al-Rajul yud’a ila al-walimah wa fiha al-ma’shiyah nahahum wa in nahaw dzalika ‘anhu wa in lam fa lam yajib, hn. 14331 dan bab al-mad’u yara fi al-mawdhi’ al-ladzi yud’a fi shurah manshubah dzata arwah fa la yadkhul, hn. 14946, juz 7, hlm. 166.
[20] Al-Dzahabi, Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin ‘Utsman, Tahdzib Siyar A’lam al-Nubala (Beirut: Muassasah Al-Risalah, 1991) jilid 1, hlm. 54.
[21] Ibid,.
[22] Al-Mizzi, Jamaluddin Abi al-Hajjaj Yusuf, Tahdzib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal (Beirut: Muassasah al-Risalah), jilid 23, hlm. 427.
[23] Ibid,. Jilid 27, hlm. 298.
[24] Al-Dzahabi, Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin ‘Utsman, Tahdzib Siyar A’lam al-Nubala (Beirut: Muassasah Al-Risalah, 1991) juz 1, hlm. 278.
[25] Al-Mizzi, Jamaluddin Abi al-Hajjaj Yusuf, Tahdzib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal (Beirut: Muassasah al-Risalah), jilid 26, hlm. 333.
[26] Ibid,. jilid 24, hlm. 430-431.
[27] Ash Shiddieqy, T.M. Hasbi. Koleksi Hadis-Hadis Hukum. Bandung: al Ma’arif, 1976, hal 13
[28] al-Ghazali, Muhammad. al-Sunnah al-Nabawiyah baina Ahli al-Fiqh wa ahli al-Hadits, terj. Muhammad al-Baqir. Studi Kritis Atas Hadits Nabi SAW. Bandung: Mizan. 1994, hlm 23
[29] Zuhri, Muhammad, Tela’ah Matan Hadits, Yogyakarta: LESFI. 2003. Hlm. 21
[30] Qaradhawi, Yusuf. Kaifa Nata’ammal ma’a al-Sunnah al-Nabawiyah. tej. Muhammad al-Baqir. Bagaimana Memahami Hadits NabiSAW. Bandung: Karisma. 1993. hlm. 33
[31] Ibid, hal. 33
[32] Wargadinata, Wildana dan Laily Fitriani, Sastra Arab dan Lintas Budaya, Malang: UIN Malang Press, 2008, hlm. 27
[33] Ibid, hlm. 27
[34] Op.Cit, hlm. 30

DOWNLOAD FILENYA DISINI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ZIKIR VERSI TAREKAT

1. Enam tingkatan dalam persiapan zikir, I. Berniat Dalam niat itu diucapkan : "Ilaahi anta maqshuudii wa ridhaka mathlubi". (Ya Allah, Engkaulah yang aku maksud dan keridhaan-Mulah yang aku cari). II. Duduk Tarekat. Yaitu duduk seperti duduk tahiyat terakhir dalam sholat, kepala ditundukkan ke sisi kiri. III. Rabithatu Mursyid (rasa pertalian dgn Nabi Muhammad saw). 1. Mengucapkan: "Assalmu alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wabarakatuh". Pada tingkat ini seolah-olah Nabi Muhammad saw hadir di depan kita bersalaman. 2. Kemudian mengucapkan: "Assalamu 'alaina wa 'ala ibadishshalihin". Mengucapkan salam atas diri dan hamba-hamba Allah swt yg sholeh. IV. Bertobat. A. Membaca Istighfar tujuh kali Diniatkan supaya diampunkan oleh Allah swt dosa kita, yaitu: 1. Mata, 2. Telinga, 3. Hidung, 4. Mulut, 5. Tangan, 6. Kaki, dan 7. Syahwat. B. Membaca Istighfar tujuh kali untuk diampunkan dosa bathin, yait

TAKHRIJ HADITS TENTANG MENDATANGI DUKUN

TAKHRIJ HADITS TENTANG MENDATANGI DUKUN Penelitian  takhrij dilakukan dengan menggunakan metode takhrij al-hadits bi al-lafzh dengan menggunakan program CD Al-Maktabah al-Syamilah Versi 3.28 dengan kata kunci يَأْتُونَ الْكُهَّان . Menurut hasil pencarian, potongan hadits tesebut terdapat dalam kitab Sunan Abu Dawud, juz 1, hlm. 349; Musnad Ahmad , juz 39, hlm. 184, 185 dan 186; Sunan al-Kubra li al-Baihaqi, juz 8, hlm. 138; Mu’jam al-Kabir li al-Thabrani , juz 14, hlm. 326 dan 327. Berikut ini dikemukakan secara lengkap teks hadits tersebut serta jalur-jalur sanadnya:       سنن أبي داود (ج 1\ ص 349) باب تَشْمِيتِ الْعَاطِسِ فِى الصَّلاَةِ. رقم : 931 حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى ح وَحَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ - الْمَعْنَى - عَنْ حَجَّاجٍ الصَّوَّافِ حَدَّثَنِى يَحْيَى بْنُ أَبِى كَثِيرٍ عَنْ هِلاَلِ بْنِ أَبِى مَيْمُونَةَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ الْحَكَمِ السُّلَمِىِّ قَالَ صَ

KISAH SINGA DAN GAJAH

Di sebuah hutan terdapat raja hutan (singa) yang merasa dirinya hebat, dan untuk melegalisasikan kehebatannya, maka si singa bertanya kepada sebagian penghuni hutan. Bertanyalah si singa kepada seekor gorila. Singa: “Hai gorila, siapakah yang paling gagah di hutan ini?” Gorila: “Anda tuanku Baginda.” Banggalah si singa mendengar itu. Kemudian ia bertemu dengan seekor banteng. Singa: “Hai banteng, siapakah yang paling gagah dan hebat di hutan ini?” Banteng: “Sudah tentu Anda Baginda Raja hutan.” Mendengar jawaban-jawaban dari sebagian hewan yang ia temui, merasa sombonglah si singa. Kemudian ia berjalan kembali dengan PDnya, dan di tengah jalan ia bertemu dengan seekor gajah. Singa: “Hai gajah,Kau adalah hewan dengan hidung,telinga,dan badan terbesar di hutan ini,mungkin otakmu juga sebesar tubuhmu,,aku mau tanya, siapakah yang paling gagah dan perkasa di hutan ini?” akan Tetapi gajah tidak menjawab, dan di luar dugaan singa, gajah langsung menghajar dan menginja